Dinahkodai Mas Jekek, Wonogiri Berhasil Masuk 12 Besar Nominasi IGA 2021

0

Kabupaten Wonogiri – Pemkab Wonogiri berhasil masuk ke dalam 12 besar nominasi Innovative Government Award (IGA) 2021, yang digagas oleh Kemendagri. Agar bisa masuk nominasi, Pemkab Wonogiri harus menyingkirkan ratusan kabupaten lain.

Dalam kesempatan itu, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, yang akrab disapa Mas Jekek menerangkan, sebanyak 309 inovasi baru yang dicetuskan berhasil membuat Kab. Wonogiri masuk nominasi tersebut. Sebanyak 309 inovasi tersebut beragam, mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, hingga teknologi. Bahkan, 309 inovasi baru itu berhasil dipatenkan ke dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 96 Tahun 2020.

“Saat kami menyampaikan presentasi di hadapan juri, kami menyampaikan sesuatu yang otentik, agar ada satu pemahaman terjadi perubahan di Wonogiri yang disebabkan oleh kolaborasi seluruh pihak,” tuturnya. 

Kab. Wonogiri berhasil masuk nominasi 12 besar IGA 2021

Mas Jekek yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Wonogiri menjelaskan, adanya ratusan inovasi Pemkab Wonogiri berdampak terhadap indeks kualitas lingkungan hidup yang sebelumnya berada di angka 32, kini naik menjadi 72,38. Hal itu mampu menurunkan angka kemiskinan di Kab. Wonogiri dari 13,12 persen menjadi 10,25 persen.

“Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Wonogiri yang awalnya memiliki skor C, sekarang sudah memiliki nilai BB. Selain itu, penilaian indeks pembangunan gender dari sebelumnya 89,07, sekarang berada di angka 91,0. Tidak hanya itu, indeks pembangunan manusia yang awalnya berada di angka 67,76, kini berubah menjadi angka 70,9,” imbuhnya.

Kondisi tersebut sejalan dengan nilai kepuasan publik yang meningkat dari angka 78,02 menjadi 82,27. Peningkatan pertumbuhan ekonomi cukup stabil selama Pandemi Covid-19, dari angka 5,32 menjadi 5,41. Inflasi sebelumnya 2,1, sekarang Badan Pusat Statistika (BPS) melaporkan, untuk Kab. Wonogiri di atas 1,38,

Baca Juga :   DPC Partai Grobogan Bahu Membahu Bantu Masyarakat

Mas Jekek menambahkan, angka pengangguran tingkat terbuka dari sistem inovasi yang sebelumnya berada pada angka 3,2, sekarang turun menjadi 2,54. Tingkat pengangguran ini menjadi yang paling rendah se-Jawa Tengah.

“Masuknya Wonogiri ke dalam nominasi IGA 2021, merupakan kerja keras dari semua pihak. Maka dari itu, saya berharap, prestasi ini bisa dijaga dengan baik. Mohon doanya, agar Kab. Wonogiri bisa masuk rangking satu nasional,” pungkasnya.

Koresponden : Fieras Febb

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here