Dewi Aryani Hadiri Dies Natalis UPS Tegal ke-41

0

Kota Tegal – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, Dr. Dewi Aryani, M.Si menghadiri acara Dies Natalis Universitas Pancasakti (UPS) Tegal ke-41. Dalam rangkaian acara tersebut, Dewi Aryani memberikan orasi ilmiah. Acara tersebut mengusung tema “Penguatan Karakter dan Identitas Universitas Pancasakti Tegal Dalam Upaya Meningkatkan Mutu dan Daya Saing Di Era Global”.

Dewi Aryani mengatakan, dalam kesempatan tersebut, pihaknya memberikan orasi ilmiah singkat, dengan fokus tentang, bagaimana UPS menjadi universitas yang dapat memperkokoh pancasila sebagai pondasi dalam membangun karakter dan identitas, agar memiliki daya saing global dengan tetap memacu diri sebagai universitas yang inovatif, serta mengedepankan kearifan lokal.

Anggota DPR RI, Dr. Dewi Aryani menghadiri acara Dies Natalis Universitas Pancasakti (UPS) Tegal ke-41

Dewi Aryani menambahkan, karakter universitas yang dimaksud adalah nilai-nilai yang khas, baik watak, kepribadian, maupun inovasi yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebijakan yang diyakini, serta  digunakan sebagai cara pandang, berpikir, bersikap, bertindak sampai dengan berinovasi dalam melaksanakan tata kelola pendidikan di universitas, sebagai lembaga pendidikan tinggi. Universitas berasal dari bahasa Latin, yaitu,  universitas magistrorum et scholarium, yang artinya, komunitas guru dan akademisi.

“Menurut pemahaman saya, nama Pancasakti tidaklah hanya sekedar nama. Terdapat makna yang mendalam dari nama tersebut. Pancasila menjadi pedoman awal dalam mendirikan universitas ini. Maka dari itu, saya kembali mengingatkan, apabila pancasila menjadi dasar dan pondasi, maka UPS akan menjadi salah satu universitas yang tidak saja maju dalam pendidikan, namun juga melangkah menjadi bagian terdepan dalam membangun karakter anak bangsa secara umum,” tutur Dear, sapaan akrab Dewi Aryani.

Foto : Dewi Aryani, saat menghadiri acara Dies Natalis UPS Tegal ke-41

Dear menjelaskan, karakter yang sesuai dan ditunjukkan melalui sikap yang berkaitan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, yaitu nilai karakter yang religius, peduli sosial, kemandirian, semangat kebangsaan, demokratis, toleransi, serta disiplin tinggi. Program penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila dalam proses pendidikan, dilakukan dengan pengembangan pendidikan karakter, melalui kegiatan belajar mengajar, serta kegiatan pengembangan pendidikan karakter melalui kegiatan rutin di kampus dan kegiatan diluar aktivitas kampus.

Baca Juga :   Bupati Kebumen Luncurkan Program Nandur Wit Nggo Anak Putu

“Salah satu tujuan Pancasila adalah sebagai pandangan hidup bangsa. Selain itu, nilai-nilai Pancasila harus selalu dijadikan landasan pokok dalam berpikir dan berbuat. Hal tersebut mengharuskan bangsa Indonesia untuk merealisasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam sikap dan perilaku, baik dalam perilaku hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, terutama dalam kegiatan pendidikan. Salah satu yang harus dilakukan oleh UPS adalah, dengan menerapkan pendidikan yang berkarakter,” jelasnya.

Selain itu, Dear juga mengungkapkan, pada masa Era Global sepertii sekarang ini, diperlukan karakter yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, patriotik, dinamis, berbudaya, serta berorientasi pada IPTEK berdasarkan Pancasila dan dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karakter yang berlandaskan falsafah Pancasila artinya, setiap aspek karakter harus dijiwai oleh kelima sila yang tertuang di dalam Pancasila secara utuh dan komprehensif.

“Sebagai universitas yang berlokasi di wilayah dengan potensi maritim yang luar biasa ini, saya berharap, UPS dapat mengembangkan berbagai keilmuan, baik teori baru, maupun terapan, yang dapat menjadi acuan atau pelopor dalam pengelolaan potensi maritim atau kelautan.  Beberapa fakultas yang dapat menjadi bagian dari proses ini, harus mendapatkan prioritas perhatian secara spesifik. Selain itu, kerjasama dengan berbagai instansi, baik Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat, maupun pihak swasta, harus lebih ditingkatkan. Jadikan UPS sebagai pelopor dalam pengembangan ilmu, maupun praktik bidang kelautan dan juga turunannya. Sebab, kemampuan UPS dalam mengelola secara spesifik, akan menghasilkan citra, bahwa UPS Tegal layak menjadi universitas tujuan studi banding dari universitas lainnya. Hal ini menjadi tantangan. Maka dari itu, mari bersama-sama kita wujudkan hal tersebut,  sehingga UPS dapat menjadi universitas kebanggaan masyarakat Tegal, serta masyarakat di seluruh Indonesia,” pungkasnya.

Baca Juga :   Sunarna Selenggarakan BimTek Tentang Tanaman Porang di Cilacap

Koresponden : Bagus Imantoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here