CKJ Temanggung Jadikan Kemandirian Ekonomi Sebagai Jalur Pengabdian

0
Divon Haircut Specialist

Kabupaten Temanggung – Dalam rangka membangun kemandirian ekonomi, seorang Calon Kader Juang (CKJ) Kabupaten Temanggung memulai sebuah solusi untuk membangun usaha di bidang pelayanan jasa. Adapun usahanya ini merupakan babershop yang diberi nama Divon Haircut Specialist yang berlokasi di Kelurahan Mungseng, Kecamatan Temanggung.

Pria yang kerap disapa Awang ini menuturkan jikalau keahliannya terbentuk melalui proses panjang. Berbekal bakat di bidang babershop, Awang pernah merantau ke luar kota dalam rangka mengembangkan kompetensi. Di sisi lain, hal ini juga dilakukan dalam rangka mendapatkan pengetahuan utamanya terkait tata cara bagaimana mengelola sebuah usaha.

Melalui proses panjang dan tempaan keras inilah akhirnya Awang berhasil membuka babershopnya sendiri di tahun 2020. Tidak sampai di situ, ia juga mengelolanya usaha sendiri mulai dari proses melayani konsumen hingga strategi promosi untuk mendapatkan simpatinya. Management terukur dan terarah inilah yang menjadikan jasa babershopnya ini mendapatkan attensi positif dari ketatnya kompetisi pasar.

“Memulai usaha ini tentu membutuhkan proses dan progres. Tempaan mental di lapangan jelas membentuk saya untuk mengubah mindset dari stagnasi ke dinamis dalam rangka mengadaptasikan konsep sesuai konstelasi zaman. Di sisi lain, saya harus terus mengembangkan kompetensi, tujuannya supaya keinginan dari pelanggan dapat terpenuhi,” tutur Awang.

Dalam mengembangkan usaha, Awang juga mencoba menggunakan konsep management yang unik dan berbeda dengan yang lain. Usaha ini tidak mempunyai standar harga pelayanan jasa kepada para pelanggan. Adapun hal ini dilakukan supaya pelanggan tetap dapat menerima pelayanan jasanya meskipun kondisi ekonominya sedang tidak stabil. Bagi Awang, profit oriented adalah bukan hal yang penting, akan tetapi mengabdi dengan usahanya serta menjalin tali silaturahim dengan pelanggan lebih diprioritaskan.

Baca Juga :   Sri Sumarni Apresiasi Pemuda Grobogan Pemenang Karya Pilihan Mbak Puan

Koresponden: Enggar dan Zidan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here