CKJ Gandi Manfaatkan Teknologi untuk Mengembangkan Sektor Pertanian

0
CKJ Kab. Temanggung, Gandi kembangkan sektor pertanian

Kabupaten Temanggung – Kebutuhan pangan merupakan hal yang paling penting dalam aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Pangan menjadi aspek penting bagi manusia, karena permintaan di pasar yang tidak pernah habis. Tentu hal ini merupakan potensi untuk dikembangkan, khususnya guna menciptakan kemandirian ekonomi.

Di sisi lain, Indonesia adalah negara yang mempunyai corak pertumbuhan penduduk ekspansif. Bila direlevansikan dengan kebutuhan ekonomi, jelas hal ini akan terus meningkatkan jumlah permintaan terhadap bahan pangan. Temanggung sebagai wilayah yang berada di dataran tinggi serta kondisi klimatologisnya cukup sejuk tentu harus mulai dilirik menjadi wilayah penyangga perekonomian, khususnya dalam memproduksi bahan pangan. Jelas ini sangat potensial untuk dikembangkan baik oleh perseorangan maupun melalui instansi.

Calon Kader Komunitas Juang Kabupaten Temanggung bernama Gandi Utomo melihat potensi tersebut sebagai langkah menciptakan kemandirian ekonomi. Sepak terjangnya dalam menggeluti sektor pertanian dimulai sejak dirinya duduk di bangku sekolah menengah pertama. Bagi Gandi, keberhasilan sektor pertanian ini tentu harus didukung oleh pemuda dalam segala pengelolaannya.

CKJ Kab. Temanggung, Gandi kembangkan sektor pertanian

Ditemui di kediamannya yang beralamat di Windusari, Purborejo, Kecamatan Bansari, Gandi menuturkan jikalau pertanian di masa kini harus diimbangi dengan pemanfaatan teknologi. “Era saat ini mengakibatkan jaringan pasar semakin melebar. Dampak akhir yang diciptakan adalah semakin meningkatnya jumlah permintaan terhadap komoditas pertanian. Hal ini tentunya harus disiapkan strategi yang tepat, khususnya dengan pemanfaatan teknologi guna mendongkrak hasil pertanian yang optimal,” tutur Gandi. Senin (24/05/2021).

Gandi juga memanfaatkan teknologi sebagai media promosi. Hasil pertaniannya yang bergerak di jenis sayuran tersebut diunggah melalui media sosial maupun market place. Tujuannya supaya banyak konsumen yang tertarik serta berimplikasi terhadap luasnya jaringan pasar.

Baca Juga :   Wujud Kepedulian Utut Adianto Kepada Kelompok Tani di Kecamatan Pagentan

Melihat peluang pertanian yang sangat terbuka lebar, Gandi juga berpesan supaya pemuda di Kabupaten Temanggung tetap memperhatikan aspek ini. “Histori bangsa kita adalah negara agraris. Di sisi lain, kondisi topografi Temanggung juga sangat cocok untuk digunakan, khususnya di sektor pertanian. Para pemuda tentunya harus memperhatikan aspek tersebut guna memenuhi permintaan pasar sekaligus untuk membentuk kemandirian ekonomi,” tutup Gandi.

Koresponden: Enggar dan Zidan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here