Cinta Kali Comal Bersih Gelombang II, DPC PDI Perjuangan Pemalang Tanam 1000 Pohon Albasia

0

Kabupaten Pemalang – DPC PDI Perjuangan Kab. Pemalang menindaklanjuti Instruksi DPP PDI Perjuangan, untuk melaksanakan Gerakan Penghijauan, serta bersih-bersih di Daerah Aliran Sungai (DAS) Gelombang 2. Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Baguna PDI Perjuangan Kab. Pemalang, Sudarsono, Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Pemalang, H. Junaedi, S.H., M.M.,  serta Ketua Depercab, Agung Dewanto, dilaksanakan dengan menanam 1000 Pohon Albasia, di DAS Comal, tepatnya di sekitar Bendungan Sukowati yang berada di Kecamatan Ampelgading, Minggu, (21/2/2021).

DPC PDI Perjuangan Kab. Pemalang melaksanakan gerakan penanaman pohon Albasia di DAS Comal

Menurut Kepala Baguna PDI Perjuangan Kab. Pemalang, Sudarsono mengatakan, kegiatan penanaman 1000 pohon tersebut, sesuai dengan Surat DPP PDI Perjuangan, No. 2631/IN/DPP/II/2021, Perihal Instruksi Melaksanakan Gerakan Penghijauan dan Bersih-bersih di Daerah Aliran Sungai Gelombang 2, serta hasil Rapat Koordinasi DPP PDI Perjuangan, tentang Kegiatan Penghijauan Tahap II, dalam rangka menyemarakkan HUT PDI Perjuangan ke-48, pada 19 Februari 2021. Sudarsono menambahkan, kegiatan tersebut tetap mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19, serta mengikuti ketentuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Jenis Albasia dipilih, karena pada DAS Comal, tepatnya di sekitar Bendungan Sokawati, lebih cocok ditanami pohon jenis ini. Selain itu, DPC PDI Perjuangan Kab. Pemalang, juga telah melaksanakan Gerakan Penghijauan dan Penanaman sebanyak 1500 Pohon, yang dilaksanakan di Lokasi Wisata Bukit Tangkeban, Desa Nyalembeng, Kecamatan Pulosari, yang merupakan hulu Sungai Comal, pada 30 Januari 2021 lalu,” tuturnya.

Dalam rangka menyemarakkan HUT PDI Perjuangan ke-48, DPC PDI Perjuangan Kab. Pemalang melakukan kegiatan bersih sungai, serta penanaman pohon, dengan mengusung tema”Cinta Kali Comal Bersih”

Sudarsono juga menjelaskan, dengan tetap menggunakan motto “Cinta Kali Comal Bersih”, Gerakan Penanaman Pohon ini diharapkan dapat mengendalikan banjir, seperti yang terjadi pada tahun ini, yang diakibatkan oleh anomali cuaca yang sangat ekstrim. Dengan demikian, di beberapa kecamatan yang berada di pantura, tepatnya di sekitar DAS Comal mengalami kebanjiran.

Baca Juga :   Derap Juang Media Komunikatif Modern Antar DPC PDI Perjuangan

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Pemalang, Dr. H. Junaedi, S.H.,M.M., mengungkapkan, penanaman pohon jenis Albasia di DAS Comal ini dimaksudkan, sebagai upaya Kader Partai untuk merawat bumi, sehingga pohon yang ditanam hari ini, diharapkan hasilnya dapat dinikmati oleh anak cucu. Selain itu, gerakan penanaman pohon ini juga bertujuan untuk menjaga keseimbangan alam.

“Hari ini kita meneruskan gerakan penanaman pohon tahap kedua, di bantaran kali Comal. Mari kita semaikan, kita rawat, serta kita pelihara tanaman ini, dalam rangka merawat bumi. Kita berharap, tanaman ini adalah guidance kita semua, untuk generasi muda, khususnya Kader PDI Perjuangan,” tutup H. Junaedi, yang juga Bupati Pemalang periode 2016-2021.

Koresponden : Agus Siswanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here