Cegah PMK, Sutoyo Sosialisasikan PMK di DPD LDII Wonogiri

0
Foto: Sutoyo Memberikan Pemahaman Cara Pencegahan PMK

Kabupaten Wonogiri – Menjelang Hari Raya Idul Adha, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) mengadakan sosialisasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak guna menjamin kondisi ternak di tengah merebaknnya wabah PMK di Ponpes Al Barru (LDII) Bulusulur Wonogiri, Kamis (16/6/2022).

Hadir sebagai narasumber kepala Kemenag Wonogiri H Anif sholikin. S.Ag, M.S.I serta Kadin LAPERNAK Wonogiri Sutardi dan Sunarno. Turut hadir Sutoyo, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Wonogiri sekaligus Ketua DPD LDII Wonogiri.

Dalam sambutannya, Sutoyo menyampaikan bahwa karena merebaknya PMK pada hewan ternak akhir-akhir ini di Wonogiri, maka DPD LDII mengundang dinas terkait untuk mensosialisasikan apa itu PMK dan bagaimana penanganannya. Hal tersebut dilakukan juga untuk menjaga kondusivitas Hari Raya Idul Adha nantinya.

Acara sosialisasi ini diadakan secara luring dan daring yang diikuti sekitar 700 peserta di 30 titik studio mini yang berada di Wonogiri yang terdiri dari pengurus masjid, takmir masjid, dan panitia hewan qurban di Wonogiri.

Sutoyo juga meminta para panitia kurban untuk berhati-hati saat penerimaan hewan kurban serta diharapkan tidak salah memilih hewan yang akan digunakan untuk kurban.

Edukasi yang diberikan diharapkan dapat digunakan pada pelaksanaan penyembelihan hewan kurban saat Idul Adha agar takmir masjid bisa mengetahui hewan ternak atau hewan kurban mana yang dalam kondisi sakit dan sehat layak disembelih.

Sutoyo juga menghimbau kepada masyarakat sekitar untuk memilih hewan yang akan dikurban diusahakan dari kandang peternak langsung. Hal tersebut dilakukan untuk menguranginya resiko penularan penyakit PMK.

Selain itu, Sutoyo juga meminta kepada dinas terkait untuk mengedukasi masyarakat sekitar mengenai hal-hal yang terkait dengan pencegahan dan penanganan PMK ini.

Baca Juga :   Masuk 6 Nominasi Ajang Perpustakaan, Bupati Afif: Lomba ini Harus Menjadi Spirit

“Kita mengambil langkah ini dikarenakan PMK di Wonogiri sangat cepat penyebarannya. Untuk itu, guna mengantisipasnya, kita mohon dinas terkait untuk bisa mensosialisakan ke seluruh warga masyarakat,” ujar Sutoyo.

Koresponden : Firfeb

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here