Cegah Anemia dan Stunting, Mbak Eisti Ajak Remaja Putri Minum TTD Serentak

0
Foto: Bupati Demak berikan sambutan dan arahan

Kabupaten Demak – Dalam upaya peningkatan cakupan tablet tambah darah pada remaja putri di Kab. Demak, Bupati dr. Hj. Eisti’anah bersama Dinkes Kab. Demak melakukan launching pemberian Tablet Tambah Darah pada remaja putri yang dipusatkan di Pendopo Kab. Demak.

Senin (26/09/2022), dalam sambutannya Bupati Demak menyampaikan, bahwa remaja putri dan ibu hamil merupakan kelompok yang rawan mengalami anemia karena kekurangan zat besi. Hal ini juga menjadi perhatian Pemkab Demak dengan penderita anemia pada remaja putri tahun 2021 sebesar 54,3%.

Foto: Bupati dan Wabup Demak bersama perwakilan remaja putri

“Hal ini terjadi karena rendahnya disiplin dan kesadaran remaja putri dalam mengonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) dan ini harus menjadi perhatian kita bersama. Kekurangan zat besi, baik melalui makanan atau tambahan suplemen Tablet Tambah Darah bisa mempengaruhi otak tidak bisa berpikir dengan cepat dan tidak bisa konsentrasi,” terangnya.

Selain itu, menurut Bupati yang akrab disapa Mbak Eisti ini, pemberian TTD pada remaja putri merupakan pelopor untuk memulai perbaikan gizi pada dirinya dan teman sebayanya.

Terlebih hal ini karena remaja malnutrisi akan beresiko menjadi ibu yang malnutrisi dan bapak yang menyumbangkan gen malnutrisi, dan nantinya akan melahirkan bayi yang malnutrisi/ stunting.

“TTD juga bertujuan untuk mengurangi resiko anemia saat hamil. Sehingga ini memang merupakan tujuan jangka panjang yang juga harus dipahami adik-adik remaja putri di Kab. Demak,” pungkasnya.

Koresponden : Hana – Rahmad

Baca Juga :   Maknai Kemerdekaan, PDI Perjuangan Muntilan Solidkan Barisan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here