Bupati Yuni Pimpin Apel Kesiagaan Bencana Hidrometeorologi

0

Kabupaten Sragen – Pemkab Sragen melalui BPBD menggelar apel kesiapsiagaan, dalam rangka menghadapi bencana hidrometeorologi, di Alun-Alun Sasono Langen Putro Sragen. Dalam sambutannya, Bupati Sragen, dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, yang akrab disapa Yuni menyampaikan, apel ini digelar untuk menghadapi kemungkinan cuaca ekstrem yang terjadi di Kab. Sragen, Minggu (21/11/2021).

“Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, serta beberapa peringatan dini dari BNPB menyatakan, cuaca ekstrem atau hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi disertai angin kencang dan petir akan terjadi di seluruh wilayah Indonesia pada bulan November 2021-Februari 2022,” ungkapnya.

Bupati Yuni, yang juga Kader PDI Perjuangan Sragen menambahkan, perkiraan cuaca tersebut dapat menjadi potensi ancaman bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, serta angin kencang di Kab. Sragen.

“Kita perlu melakukan berbagai persiapan, sebagai langkah antisipasi, apabila bencana itu sewaktu-waktu terjadi di Sragen. Apel kesiapsiagaan ini merupakan bentuk respon Pemkab dalam mengantisipasi kejadian bencana secara terpadu,”imbuhnya.

Bupati Yuni juga menjelaskan, dengan langkah persiapan yang matang, Pemkab Sragen juga dapat melakukan antisipasi, serta langkah-langkah penanganan secara cepat, sehingga dampak bencana yang timbul dapat diminimalisir.

Bupati Yuni mengajak kepada seluruh unsur terkait dalam kesiapsiagaan bencana, untuk selalu bergotong-royong, berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan partisipasi, serta berperan aktif dalam penanggulangan bencana.

“Selain itu, untuk mewaspadai dampak cuaca ekstrem, saya juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk ikut peduli terhadap kelestarian lingkungan dengan prinsip kenali ancamannya dan kurangi resikonya. Hal itu bertujuan agar kita dapat mengerti dan memahami tanda-tanda alam, apabila akan terjadi bencana, sehingga kita dapat selamat dari ancaman,” jelasnya.

Sementara, Kepala Pelaksana BPBD Sragen, Agus Cahyono mengungkapkan, dalam kesiapsiagaan bencana ini, pihaknya telah menyiapkan semua peralatan yang dimiliki. Penanganan kebencanaan seperti SAR air, SAR darat, SAR recue juga telah disiapkan.

Baca Juga :   Mbak Eisti: Transformasi Tata Kelola Kampung, Inovasi Terus Dilakukan

Koresponden : Eky ely

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here