Bupati Wonogiri Dukung Petani Muda Kembangkan Semangka Baby Black Sweet

1
Bupati Kabupaten Wonogiri, Joko Sutopo

Kabupaten Wonogiri – Bupati Wonogiri, Joko Sutopo mengikuti panen perdana Semangka premium jenis baby black sweet di Desa Pule, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Selasa (2/3/2021).

Semangka baby black sweet merupakan komoditas buah semangka tanpa biji yang memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan semangka biasa. Namun cita rasa kesegaran dan kemanisan semangka memiliki nilai lebih dibandingkan dengan semangka biasa.

Disela-sela panen perdana. Hendri, salah satu petani semangka di Desa tersebut mengatakan, untuk masa tanam semangka premium tidaklah lama. Awal menanam hingga panen hanya membutuhkan waktu tiga bulan. Sementara panen kedua hanya perlu menunggu dua bulan.

Bupati Kab. Wonogiri, Joko Sutopo mengikuti panen semangka premium

Dia merasa beruntung kelompok taninya difasilitasi Pemkab Wonogiri untuk mendapatkan pinjaman dari bank. Pasalnya untuk bertanam semangka premium membutuhkan modal yang tidak sedikit. “Bank berani memberikan pinjaman lantaran kepastian penjualan semangka yang sudah dikontrak dengan salah satu perusahaan buah-buahan di Jakarta,” jelasnya.

Dalam sambutannya. Mas Jekek, sapaan akrab Bupati Wonogiri mengutarakan bahwa kemudahan modal awal bagi petani tanpa bunga untuk membangun pola pikir petani baru menuju kemandirian. Harapannya, ada perubahan pola pikir petani sehingga tidak terus menerus bertani dengan konvensional. Apalagi saat ini Wonogiri memiliki 42 ribu lahan pertanian yang strategis siap untuk dikembangkan.

Bupati Kab. Wonogiri, Joko Sutopo memberi sambutan

Mas Jekek mengatakan pemerintah dan DPRD siap membuat kebijakan khusus atau deskresi agar bank memberikan kemudahan modal bagi petani yang akan mengembangkan tanaman semangka premium tersebut. Pasalnya selain mudah perawatan dan penanamannya, keuntungan yang diperoleh jauh lebih besar dibandingkan dengan menanam padi.

“Kebetulan hadir BPD Jateng dan BRI yang memberikan sinyal yang luar biasa karena banyak program yang bisa dimanfaatkan petani,” pungkasnya.

Baca Juga :   Muluskan Pergerakan, Mas Rimo Solidkan Struktural Partai

Koresponden: Firr Febb

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here