Bupati Tiwi Terima Bantuan Dana BSPS dari Kementerian PUPR

0

Kabupaten Purbalingga – Kab. Purbalingga dalam Tahun 2021 ini, mendapat bantuan sebesar Rp. 6 miliar dari Direktorat Jenderal Perumahan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Bantuan tersebut merupakan bantuan bedah rumah, berupa stimulan dana Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Hal itu merupakan wujud nyata kehadiran Pemerintah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas perumahan MBR, agar layak huni.

Tahun ini, Kementerian PUPR mengalokasikan dana Program BSPS sebesar Rp 6 miliar untuk membedah 300 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), yang tersebar di 8 Kecamatan, serta 18 desa/kelurahan di Kab. Purbalingga.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi meminta, agar program BSPS untuk Kab. Purbalingga ditambah, tidak hanya diperuntukkan bagi 300 penerima. Setidaknya, jumlah penerima sama dengan tahun sebelumnya, yaitu sekitar 750 penerima.Sebab, Kab. Purbalingga masih masuk dalam peringkat 5 besar, kategori kemiskinan di Jawa Tengah, sehingga jumlah RTLH masih banyak. Meskipun Pemkab Purbalingga menganggarkan dalam APBD melalui kegiatan Rehab RTLH.

Bupati Tiwi menyerahkan bantuan BSPS kepada perwakilan warga penerima di Pendapa Dipokusumo, Purbalingga

Bupati Tiwi, sapaan akrab Dyah Hayuning Pratiwi meminta kepada para Kepala Desa dan Camat, untuk turut serta dalam membantu kelancaran pemugaran RTLH program BSPS, meskipun ada fasilitator di lapangan. Dalam hal ini, Camat dan Kepala Desa diminta ikut melakukan pengawalan dan pengawasan, melakukan kerjasama dengan kelompok penerima, agar bantuan BSPS dapat tepat sasaran, tepat kualitas, mutu, serta tepat administrasi.

“Bagaimana dana 20 juta dapat dikelola dengan baik, material yang digunakan sesuai spesifikasi yang ada, dan jangan sampai kesalahan administrasi malah justru menjerumuskan kita ke ranah hukum. Apapun yang namanya administrasi harus dikelola dengan baik,” tutur Bupati Tiwi, yang juga Wakil Ketua Bidang Ekonomi DPC PDI Perjuangan Purbalingga.

Baca Juga :   Menang Telak di Pilkada 2020, DPC PDI Perjuangan Kab. Boyolali Gelar Rapat Internal

Penyerahan vitrual account BSPS Tahap X dan XI di Kab. Purbalingga secara simbolis diserahkan oleh Bupati Tiwi kepada perwakilan penerima, atas nama Sumiyati dan Sugeng Supriyanto, di Pendapa Dipokusumo, Purbalingga.

Koresponden : Agung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here