Bupati Tiwi Resmikan Ruang Audio Perpustakaan Surya Cendekia

0

Kabupaten Purbalingga – Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, yang akrab disapa Tiwi, meresmikan dan menandatangani prasasti ruang audio perpustakaan Surya Cendekia. Perpustakaan milik SMA N 1 Bobotsari ini merupakan perpustakaan yang memiliki banyak prestasi. Setelah meraih sebagai perpustakaan terbaik 1 tingkat Provinsi Jawa Tengah, pada tahun 2022 ini meraih predikat terbaik 3 tingkat nasional, Rabu (21/9/2022).

Dalam kesempatan itu, Bupati Tiwi mengatakan,”saya berharap, pemanfaatan dan keberadaan perpustakaan Surya Cendekia ini tidak hanya memberikan dampak secara langsung kepada anak-anak didik SMA N Bobotsari, namun bagaimana keberadaan perpustakaan Surya Cendikia ini juga harus bisa memberikan manfaat kepada masyarakat di lingkungan sekolah,” tuturnya.

Bupati Tiwi, yang juga Wakil Ketua Bidang Ekonomi DPC PDI Perjuangan Purbalingga menambahkan, keberadaan perpustakaan Surya Cendekia harus bisa memberikan “transfer knowledge” bagi masyarakat yang ada di lingkungan sekolah, serta lingkungan kecamatan Bobotsari. Bupati Tiwi berharap, Kecamatan Bobotsari menjadi kecamatan dengan angka literasi paling tinggi dibanding kecamatan-kecamatan lain.

Foto: Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi.

“Jadi, pemanfaatan perpustakaan tidak hanya untuk anak didik kita, tidak hanya pelajar-pelajar yang studi banding ke SMAN Bobotsari, namun kemanfaatan itu harus juga diberikan kepada masyarakat yang ada di Kecamatan Bobotsari,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala perpustakaan, Budi Handojo, S.Pd, mengungkapkan, awal perjuangan mendirikan perpustakaan, dibangun ruang berupa “pojok baca”. Bahkan, perpustakaan rintisan tersebut pada saat awal berdiri sering mengalami pindah ruang/tempat.

Namun, semua warga sekolah menyadari pentingnya perpustakaan sekolah sebagai ruang informasi dan jantungnya sekolah. Akhirnya, keluarga besar sekolah berkomitmen untuk menjadikan perpustakaan yang dimiliki sebagai tempat yang nyaman bagi siswa untuk membaca.

“Semua warga sekolah akhirnya menyadari pentingnya perpustakaan dan membuat perpustakaan sebagai tempat nyaman untuk belajar anak,” jelasnya.

Baca Juga :   Tebar Ikan di Telaga Menjer, Bupati Afif: Untuk Jaga Ekosistem Lingkungan

Komitmen keluarga besar sekolah yang membawa perpustakaan Surya Cendekia ke tingkat nasional. Penilaian lomba tingkat nasional lebih ditekankan pada unsur inovasi perpustakaan. Maka dari itu, perpustakaan Surya Cendekia melakukan sejumlah inovasi diantaranya, melakukan pemberdayaan dengan pihak luar seperti, Puskesmas, Organisasi Masyarakat, membangun sejumlah gazebo sebagai pojok baca, membuat gerobak literasi, serta koin literasi.

“Joglo sebagai pojok baca untuk menghilangkan kesan perpustakaan yang selama ini sebagai ruang tertutup dan banyak tumpukan buku-buku pelajaran. Namun, joglo dibangun di halaman sekolah, sehingga anak didik santai dan nyaman saat membaca buku,” ungkapnya.

Usai menandatangani prasasti, Bupati Tiwi berkesempatan melakukan program Bupati Mengajar. Dalam kegiatan yang berlangsung di lapangan indoor sekolah setempat, para siswa antusias mengikuti motivasi yang disampaikan boleh Bupati Tiwi.

Koresponden : B Agung P

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here