Bupati Tiwi Perjuangkan Rekrutmen PPPK Khusus Nakes di Tahun 2024

0

Kabupaten Purbalingga – Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, S.E., B.Econ, M.M., yang akrab disapa Tiwi, bersama Ketua DPRD, serta para Kepala OPD terkait, menghadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Purbalingga, di Gedung Sarwa Guna, Purbalingga. Pada kesempatan tersebut, Bupati Tiwi, sapaan akrabnya mengungkapkan, Bidan telah memberikan kontribusi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Purbalingga, Sabtu (23/7/2022).

Bupati Tiwi mendapati anggota IBI Cabang Purbalingga saat ini terdapat 886 orang dan sebanyak 150-200 orang diantaranya masih berstatus tenaga honorer. Bupati Tiwi memastikan, akan memperjuangkan adanya rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Pemkab Purbalingga, khusus untuk tenaga kesehatan.

“Tadi saya sudah sampaikan kepada bapak Ketua DPRD terkait hal ini. Mohon bersabar, karena nanti di awal 2024 ini akan kita perjuangkan. Kab. Purbalingga akan merekrut PPPK khusus untuk tenaga kesehatan. Semoga teman-teman IBI di sini yang statusnya masih honorer bisa ikut terbawa menjadi PPPK. Semoga yang pengabdiannya sudah lama statusnya bisa kita tingkatkan,” tuturnya.

Bupati Tiwi mengapresiasi, IBI di Purbalingga cukup mandiri, tidak pernah mengajukan proposal ke Pemerintah untuk menyelenggarakan programnya. Maka dari itu, Bupati Tiwi memastikan akan memberikan dana hibah kepada IBI.

“Tadi saya bersepakat dengan bapak Ketua DPRD tahun 2023, IBI harus dibantu, serta didukung dana hibah dari Pemkab Purbalingga. Ini untuk nantinya bisa mendukung kegiatan dan program IBI. Harapan saya, sinergi Pemerintah dengan IBI bisa terus berjalan dengan baik,” imbuh Bupati Tiwi, yang juga Wakil Ketua Bidang Ekonomi DPC PDI Perjuangan Purbalingga.

Kepada jajaran IBI, Bupati Tiwi mengingatkan, Pemerintah Pusat termasuk Pemerintah daerah sangat memberi perhatian terhadap pembangunan manusia. Sebab, hal ini untuk mempersiapkan dalam menghadapi bonus demografi Indonesia tahun 2030 mendatang. Maka perlu disiapkan SDM dengan baik, sehingga bonus demografi akan memberi dampak yang luar biasa untuk Indonesia Maju.

Baca Juga :   Jelang Nataru, Bupati Yuni Perketat Pengawasan Pemudik di Bumi Sukowati

Pemkab Purbalingga juga sedang berjuang meningkatkan angka IPM, dimana salah satu indikatornya adalah kesehatan. Berkaitan dengan peran IBI, dalam IPM adalah membantu menurunkan Angka Kematian Ibu/Bayi (AKI/AKB), dan Stunting.

“Selamat HUT ke-71 IBI, semoga ini menjadi momentum IBI dalam membangun soliditas, membangun kebersamaan kuat, serta membangun persepsi mindset yang sama untuk, bagaimana IBI berkontribusi mewujudkan generasi yang unggul dengan mensukseskan penurunan AKI-AKB, dan Stunting,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua IBI Cabang Purbalingga, Suriyah, A.Md.Keb menyampaikan, dalam rangka memperingati HUT ke-71, IBI Cabang Purbalingga menyelenggarakan sejumlah kegiatan, diantaranya adalah Bakti Sosial pelayanan KB MKJP, pelayanan imunisasi bayi, anjangsana ke sesepuh ibu, pemberian tali asih kepada anak yatim, serta mengadakan kegiatan sepeda santai.

“Di hari yang berbahagia ini, kecintaan kita terhadap profesi bidan bisa kita jaga, kita rawat, serta kita tumbuhkembangkan. Harapan saya, IBI tetap kompak, IBI menjadi organisasi yang bermanfaat untuk masyarakat,” pungkasnya.

Koresponden : B Agung P

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here