Bupati Tiwi Ajak Masyarakat Purbalinggaa Cegah dan Tentang Aksi Radikalisme

0
Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi

Kabupaten Purbalingga – Seluruh warga di wilayah Purbalingga, Jawa Tengah, diminta kompak untuk bersama-sama mencegah dan menentang aksi radikalisme. Ajakan tersebut digaungkan oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi.

“Mari kita bergandengan tangan saling menjaga kebhinnekaan dan menjaga toleransi antarumat beragama. Terlebih lagi, dalam waktu dekat umat kristiani akan menyelenggarakan ibadah Paskah. Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menciptakan suasana agar tetap kondusif,” katanya, Selasa (30/3/2021).

Menurut Politisi PDI Perjuangan itu, jajaran Pemkab Purbalingga bersama TNI, Polri, tokoh agama dan perwakilan masyarakat Purbalingga telah menggelar rapat koordinasi penguatan toleransi antiradikalisme dan terorisme. Ia mengatakan, pihaknya bersama jajaran Forkopimda akan melakukan pengecekan ke sejumlah gereja menjelang perayaan Paskah. Pihaknya berharap umat kristiani nantinya bisa menjalankan ibadah Paskah dengan aman dan lancar.

Selain itu, kata Bupati, pihak kepolisian juga akan mengintensifkan kegiatan patroli di berbagai pusat keramaian termasuk juga di tempat-tempat ibadah. “Tujuannya adalah untuk memberikan rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat,” ujarnya.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi

“Terlebih lagi, sebentar lagi kita juga akan memasuki bulan Ramadhan dan Lebaran. Semoga umat Muslim juga bisa menjalankan ibadah tersebut dengan aman dan lancar juga,” kata dia.

Sementara itu, bupati juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kedamaian, menghindari permusuhan dan pertikaian. “Masyarakat perlu bersama-sama berperan aktif menjaga kondisi agar selalu damai dengan semangat persatuan dan kesatuan. Bersama-sama menjaga kesejukan di tengah masyarakat,” ujarnya.

Dengan demikian, Tiwi berharap tidak akan timbul konflik di tengah masyarakat dan tercipta suasana yang selalu kondusif.

“Sejauh ini masyarakat Purbalingga selalu menunjukkan rasa toleransi antarumat beragama dan menjaga persatuan dan kesatuan, kami berharap suasana seperti itu akan dapat terus terjaga dan terpelihara,” pungkasnya.

Baca Juga :   Sikap Tegas PDI Perjuangan Banyumas Merespon Pembakaran Bendera Partai

Koresponden: Agung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here