Bupati Husein Tinjau Jembatan Kalipelus yang Ambrol Akibat Banjir

0

Kabupaten Banyumas – Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein meninjau Jembatan Kalipelus yang berada di wilayah Kel. Arcawinagun, Kec. Purwokerto Timur yang menghubungkan Desa Dukuhwaluh, Kec. Kembaran yang ambrol akibat tergerus banjir, Minggu (22/1/2023).

Penutupan jalan dua arah dimulai hari Sabtu 21 Januari 2023 sejak pukul 18:30. Penutupan dilakukan karena posisi jembatan mengalami keretakan di sisi barat akibat penyangga ambrol tergerus arus sungai akibat banjir kiriman dari wilayah Baturraden dan Sumbang. Jembatan tersebut merupakan akses utama warga Kembaran, bahkan Purbalingga yang akan menuju Purwokerto atau sebaliknya.

Bupati Husein meninjau Jembatan Kalipelus yang ambrol akibat tergerus banjir.

Bupati Husein, yang juga Kader PDI Perjuangan mengatakan, bahwa selain jembatan yang retak, banjir juga mengerus pondasi bangunan toko material yang berada di dekat jembatan sisi barat. Sebagian bangunan longsor ke dalam sungai. Kejadian ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa, karena bangunan dalam kondisi kosong.

“Penanganan mulai dikerjakan Senin besok, menggunakan Dana BTT, karena kalau menggunakan APBD baru bisa dikerjakan bulan September sehingga harus ada pendampingan Aparat Penegak Hukum (APH),” ungkapnya.

Bupati Husein memperkirakan penanganan Darurat memakan waktu kira kira satu minggu.

“Yang temporary supaya jalan aman dilewati. Perbaikkan permanen adalah memgganti jembatan total sekalian di lebarkan baru bisa tahun 2024,” jelasnya

Bupati Husein menambahkan, pekerjaan temporary meliputi 3 hal yaitu pengamanan kolom dan abutment sebelah barat, mencegah scouring di hilir jembatan dan pengamanan abutment timur.

Koresponden : Karsim

Baca Juga :   Bupati Tiwi: 100 Pengangguran di Purbalingga Dapat Kerja di PT Victoria

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here