Bisnis “Kopi Mlati” Milik Pujo Widodo Tembus Pasar Internasional

0

Kabupaten Kendal – Wakil Sekretaris  PAC PDI Perjuangan Kecamatan Patean, Pujo Widodo yang sudah lama menekuni bisnis di bidang pertanian, menjadikan Pujo Widodo dikenal sampai mancanegara.

Berawal dari kecintaannya terhadap tanaman, Pujo merintis budidaya pembibitan segala jenis tanaman. Setelah sekian lama berjuang, akhirnya mendapat fasilitas dari Dinas Pertanian serta mendapat sertifikasi bibit.

Pujo Widodo mengatakan, seiring dengan pesatnya perkembangan industri pengolahan kopi, Pujo mulai melirik untuk memulai bisnis pengolahan kopi. Berbekal ilmu yang didapat dari berbagai pelatihan, akhirnya Pujo membuat Roastery Kopi yang mengolah berbagai macam produk kopi lokal. Bisnis kopi milik Pujo Widodo diberi nama “Kopi Mlati”.

“Saya sudah sering mengikuti berbagai pameran bertaraf nasional. Hal tersebut ternyata dapat menarik perhatian salah satu Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, Bapak Mochammad Herviano,  yang akhirnya turut membantu dalam pemasaran kopi saya. Dengan melalui Mochamad Herviano Foundation (MHF), akhirnya Kopi Mlati yang mengandalkan Excelsa Liberica sebagai produk andalan tersebut dapat menembus pasar Rumania dan Iran,” Ungkap Pujo Widodo.

Pujo menambahkan, semua itu berkat usaha keras serta kebersamaan Pujo bersama teman-temannya. Selain itu, untuk selanjutnya, Pujo akan lebih fokus ke pembibitan saja, sementara untuk pengolahan kopi akan diserahkan kepada teman-teman Pujo.

“Kita akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian, agar dalam pengadaan bibit dapat mengambil dari petani seperti Bapak Pujo Widodo. Selain itu, untuk Dinas Perindustrian agar dapat turut mempromosikan usaha kopi milik Bapak Pujo Widodo,” pungkas Drs. H. Akhmat Suyuti, S.H., M.M., Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Kendal.

Koresponden : Sugeng Kustawan

Baca Juga :   Hamenang Wajar Ismoyo Pimpin Sosialisasi Perda Klaten Nomor 1 Tahun 2018