Bersama BPTP Jawa Tengah, H. Sunarna Fasilitasi Demfarm Padi di Banyumas

0

Kabupaten Banyumas – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, H. Sunarna, S.E., M. Hum memfasilitasi kegiatan evaluasi dan panen Padi di Desa Karangduren, Kecamatan Sokaraja, Selasa (3/8/2021).

Petani di Desa Karangduren tertarik terhadap 11 Padi varietas unggul yang dikembangkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian, serta diperkenalkan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Jawa Tengah. Sebanyak 11 varietas Padi unggulan tersebut terdiri atas varietas Padi khusus, yang meliputi Nutri Zinc, Baroma, Pamelen, Jeliteng, serta Tarabas. Sedangkan varietas Padi spesifik khusus meliputi Inpari 32, Inpari 42, Inpari 43, Siliwangi, Cisaat, serta Digdaya.

Foto: Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, H. Sunarna

Kepala Seksi Tanaman Panga,  Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Banyumas, Danang Widyarto bersyukur, serta menyampaikan ucapan terimakasih atas acara yang difasilitasi oleh H. Sunarna ini.

Sementara itu, perwakilan Tenaga Ahli H. Sunarna, Ahmad Nurkhayadin mengaku bersyukur, karena demfarm di Desa Karangduren dapat berjalan sukses. Tidak hanya itu, pihaknya juga mengikuti perkembangannya. Hasilnya, demfarm tersebut menerapkan dengan teknologi-teknologi, seperti penggunaan agrimeth, penggunaan pupuk organik, jajar legowo, tanam dengan transplanter dan lain sebagainya.

“Saya berharap, peningkatan produktivitas Padi ini benar-benar dirasakan nyata oleh masyarakat. Pada MT 2 kali ini, Inpari 32 yang rata-rata 7 ton GKP/ha, bisa mencapai 8 ton/ha. Semoga dengan peningkatan produktivitas ini, kesejateraan petani akan bertambah,” pungkasnya.

Korespinden : Rizka Uly Dayanti

Baca Juga :   DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tegal Ikuti Rakor Persiapan Peringatan HUT PDI Perjuangan ke-48

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here