Berharap Miliki Wakil Rakyat, Ibu-ibu PKK Desa Pliken Gelar Doa Bersama

0

Kabupaten Banyumas – KomandanTe Bintang Dua Dapil 2 Kab. Banyumas, Yusuf Arinton Sasongko yang kerap disapa Mas Yusuf, menghadiri acara rutinan ibu-ibu PKK yang berada di Desa Pliken, Minggu (14/8/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Mas Yusuf mengatakan, pentingnya edukasi terkait program Pemerintah Pusat mengenai kesehatan dan pendidikan. Hal ini dijelaskan, mulai dari Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang merupakan program Presiden Joko Widodo pada periode 2014-2019, dengan tujuan untuk memberi perlindungan kesehatan kepada rakyat, serta mengurangi beban mereka dalam menanggung biaya kesehatan.

Mas Yusuf menambahkan, Presiden Jokowi meluncurkan program tersebut bersamaan dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) 14 hari setelah dilantik sebagai Presiden RI ke-7. KIS berfungsi untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis. KIS dapat digunakan di setiap fasilitas kesehatan tingkat pertama dan juga tingkat lanjut.

Ibu-ibu PKK yang berada di Desa Pliken menggelar doa bersama untuk kemenangan Mas Yusuf menjadi Anggota Dewan.

Anggota KIS diambil dari masyarakat yang tidak mampu dan pemberian kartunya ditetapkan oleh pemerintah. Pembayaran iuran KIS juga ditanggung oleh pemerintah. Selain itu, KIS dapat digunakan di mana saja, baik di klinik, Puskesmas, maupun rumah sakit mana pun yang ada di Indonesia. Efek lain dari kehadiran Program JKN-KIS adalah adanya dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi, baik jangka pendek, maupun jangka panjang.

“Saya rasa penting untuk diketahui masyarakat akan informasi ini. Saya siap menjembatani masyarakat, jika ada yang membutuhkan bantuan mengenai kesehatan dan pendidikan,” tegas Mas Yusuf, yang juga Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Kembaran.

Kehadiran Mas Yusuf mendapatkan sambutan luar biasa oleh ibu-ibu PKK, seraya menyerukan yel-yel “Mas Yusuf satu pendukungnya banyak. Tidak hanya itu, ibu-ibu PKK juga mendoakan Mas Yusuf, agar ketika nanti menjadi pemimpin dapat mengayomi masyarakat, karena sudah banyak warga yang terbantu di segi kesehatan dan pendidikan.

Baca Juga :   Langkah Mas Jekek Cegah Penularan Covid-19 Jelang Lebaran

Koresponden : Karsim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here