Bayu Aji Dorong Masyarakat Terapkan Budidaya Ikan Sistem Bioflok

0
Anggota DPRD Kebumen dari Fraksi PDI Perjuangan, Adhitya Wishnu Bayu Aji monitoring paket bantuan

Kabupaten Kebumen – Bentuk perhatian kepada masyarakat kurang mampu terus ditujukan anggota DPRD Kebumen dari Fraksi PDI Perjuangan. Kali ini, Adhitya Wishnu Bayu Aji yang baru saja dinobatkan sebagai legislator aspiratif menyerahkan paket bantuan sosial berupa inovasi teknologi budidaya ikan sistem bioflok.

Politisi PDI Perjuangan yang berangkat dari Dapil IV meliputi Kecamatan Ayah, Buayan dan Rowokele ini, menyerahkan bantuan hibah bagi masyarakat kurang mampu yang terdaftar dalam database DTKS.

“Bantuan saya berikan melalui usulan ke Dinas Perikanan ke 3 desa yaitu Wonoharjo, Jatiluhur dan Sukomulyo diperuntukan untuk warga miskin,” jelasnya, di sela monitoring paket bantuan, Selasa (24/8/2021).

Bayu mengungkapkan, paket bantuan budidaya ikan sistem bioflok dapat menjadi solusi pemenuhan pangan masyarakat. Terutama di tengah himpitan ekonomi menghadapi masa pandemi Covid-19.

“Bantuan hibah ini diharapkan menjadi alternatif ketersediaan bahan pangan juga bisa bernilai ekonomi dengan ketekunan dan keuletan masyarakat itu sendiri,” terang dia.

Ia menambahkan, budidaya ikan sistem bioflok ini memiliki potensi untuk dapat meningkatkan keterampilan masyarakat dalam menerapkan teknologi budidaya. Ia menaruh harapan hal ini dapat menjadi bekal ilmu dalam melakukan usaha budidaya kedepan.

“Kalau dilihat sistem bioflok ini cukup efisien lahan dan limbah sendiri juga dapat dimanfaatkan menjadi pupuk organik. Tinggal diintegrasikan maka bisa menambah pemasukan masyarakat,” ucapnya.

Ia juga berpesan akan pentingnya masyarakat yang menerima bantuan untuk memiliki manajemen serta jejaring yang kuat antar sesama pembudidaya maupun dengan dinas atau penyuluh perikanan setempat. Hal ini dinilai sebagai sarana pertukaran informasi untuk mendapatkan transfer teknologi yang tepat.

“Bagi yang baru tahu mungkin menganggap berbeda dari budidaya pada umumnya. Tapi memang efektif dan efisien. Jadi kuncinya jangan malu bertanya untuk suatu perubahan,” pungkasnya.

Baca Juga :   Dapat Vaksin Pertama, Kohir Didatangi Hendi di Rumah

Koresponden : MH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here