Bantu Pelaku UMKM, DPC PDI Perjuangan Banyumas Gelar Seminar UMKM Bangkit

2

Kabupaten Banyumas – Dalam rangka menangani dampak Pandemi Covid-19, DPC PDI Perjuangan Kab. Banyumas melalui Wakil Ketua Bidang Industri, Tenaga Kerja, Jaminan Sosial, Koperasi dan UMKM, menyelenggarakan seminar UMKM Bangkit se-Kab. Banyumas. Kegiatan seminar yang diikuti oleh seluruh pelaku UMKM yang berada di Kab. Banyumas, dilaksanakan di Hotel Surya
Yudha Purwokerto, Minggu, (27/12/2020).

Kegiatan seminar tersebut digelar, untuk membangkitkan pelaku UMKM yang berada di wilayah Kab. Banyumas. Kegiatan seminar yang mengusung tema “Strategi Adaptasi UMKM Merespon Dampak Pandemi Covid-19”, diikuti oleh Kader PDI Perjuangan yang berada di Kab. Banyumas, simpatisan, pelaku UMKM, serta peserta umum. Dalam kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Wakil Bupati Banyumas, Drs. Sadewo Tri Lastiono,  jajaran pengurus DPC PDI Perjuangan Kab. Banyumas, serta Kader Komunitas Juang Kab. Banyumas. Kegiatan seminar dilaksanakan dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan di tengah Pandemi Covid-19.

Seminar UMKM Bangkit yang diselenggarakan oleh DPC PDI Perjuangan Kab. Banyumas dan diikuti oleh para pelaku UMKM yang berada di Kab. Banyumas

Dalam kegiatan tersebut, menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya, Drs. Amrin Ma’ruf, S.Sos, M.Si, Kepala dinas DPMPTSP Kab. Banyumas, Ir. Joko Wiyono, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan UMKM Kab. Banyumas, serta Arie Suprapto, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kab. Banyumas, yang bertindak sebagai Moderator.

Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono mengatakan, di saat situasi Pandemi Covid-19, Kader Partai harus bangkit, untuk membina UMKM. Sebab, UMKM merupakan penggerak roda perekonomian bangsa. Dampak Pandemi Covid-19 telah merambah UMKM dari kalangan pengusaha kelas atas sampai dengan kelas bawah.

“Upaya dari Pemerintah untuk memangkas mafia perijinan, yaitu dengan cara melalui online. Saya berharap, semoga rekan-rekan semua dapat menjadi pelaku UMKM yang handal,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Kab. Banyumas, Ir. Joko Wiyono menjelaskan, Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Kab. Banyumas memberikan dana bergulir untuk program UMKM yang berada di wilayah Kab. Banyumas. Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Kab. Banyumas juga memberikan Program  Pengembangan Aplikasi Sidolanmas (Siki dodolan nang Banyumas. Program tersebut nantinya akan memberikan pelatihan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Baca Juga :   Lawan Kotak Kosong, Srikandi Banteng Sragen Solidkan Barisan

Kepala DPMPTSP Kab. Banyumas, Drs. Amrin Ma’ruf, S.Sos, M.Si menutup,”tujuan kami adalah untuk mensejahterahkan masyarakat. Komitmen kita nantinya, binaan dari PDI Perjuangan Kab. Banyumas dapat membentuk tim pelatihan UMKM di tingkat Kabupaten, Kecamatan, sampai dengan tingkat desa. Nantinya kami akan memfasilitasi kemudahan dalam hal pelaksaaan akses perijinan,” tutupnya.

Koresponden : Egar

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here