Bambang: Pengidap HIV/AIDS Harus Dirangkul

0
Foto: Bambang Pujiyanto bersama petugas Penyiar Radio

Kabupaten Grobogan – Wakil Bupati yang juga kader PDI Perjuangan, Bambang Pujiyanto menyatakan, orang yang mengidap penyakit HIV/AIDS jangan langsung dikatakan sebagai aib yang harus dijauhi atau dikucilkan.

Karena baginya, HIV/AIDS adalah sebuah penyakit yang membutuhkan dukungan dari orang sekitar untuk bisa disembuhkan. Ia menyampaikan itu saat menjadi Narasumber Dialog Interaktif di Radio Purwodadi FM bersama Dinas Kesehatan Purwodadi, Kamis (01/12/2022).

Dalam penyampaiannya, Bambang mengatakan kepada para penyandang HIV/AIDS untuk meminta agar mereka tidak dijauhi, melainkan harus dirangkul, dilindungi, dan ditangani pengobatannya. Sebab, ketika tidak ditangani, justru dikhawatirkan malah menyebar ke orang lain lantaran tidak ada pendampingan.

“Yang terpenting dalam menyikapi persoalan HIV/AIDS adalah penanganannya. Sehingga memang dalam hal ini pemerintah harus benar-benar hadir kepada masyarakat untuk memberikan edukasi tentang bahaya seks bebas yang bisa menimbulkan HIV/AIDS, dan menangani bagi mereka yang sudah terkena,” ungkapnya.

Terkait data kasus HIV/AIDS di Grobogan yang masih termasuk di Jateng pada 2022 ini, kata Bambang, tentu ini menjadi PR. Namun ini bisa jadi karena Petugas KPA Grobogan sangat aktif men-tracking orang-orang yang diduga kuat terkena HIV/AIDS.

Sehingga ia menegaskan, apabila HIV/AIDS yang layaknya fenomena gunung es cepat terungkap kasusnya. Dan ia pun prihatin, dengan banyaknya penyandang HIV/AIDS di Grobogan yang rata-rata adalah anak muda.

“Bahkan, sempat ditemukan anak pelajar yang sudah terkena AIDS. Hal ini menjadi catatan penting, terutama pihak keluarga untuk melakukan pengawasan terhadap anak-anak agar tidak terjun dalam dunia bebas,” pungkasnya.

Koresponden : Nanang – Faisal

Baca Juga :   Rapatkan Barisan, PAC Klaten Utara Distribusikan Bantuan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here