Bagyo Beri Apresiasi Kinerja Dishub Kab. Banyumas

0

Kabupaten Banyumas – Berbagai upaya Dinas Perhubungan (Dishub) Kab. Banyumas dalam peningkatan pelayanan transportasi umum, hingga pemenuhan rambu-rambu jalan, penerangan, dan lainnya, mendapat apresiasi dari DPRD Banyumas, Jumat (30/9/2022).

Ketua Komisi B DPRD Banyumas, Subagyo, S.Pd., M.Si., yang kerap disapa Bagyo mengatakan, Dishub Banyumas di bawah kepemimpinan Agus Nur Hadie, sudah banyak melakukan inovasi yang semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, misalnya, terkait pelayanan transportasi umum yang terus ditingkatkan, mulai dari keberadaan bus Trans Banyumas, hingga angkutan Pariwisata gratis.

“Sarana angkutan umum merupakan salah satu dari urat nadi perekonomian, serta penunjang pembangunan bidang lainnya. Transportasi umum ini melayani mobilitas masyarakat dan sumber daya lainnya, yang pada akhirnya akan membuat ekonomi tumbuh,” jelasnya.

Keberadaan bus Trans Banyumas, lanjut Subagyo, yang juga Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Bidang Pemenangan Pemilu Kab. Banyumas, mampu meningkatkan mobilitas masyarakat. Tak hanya masyarakat perkotaan saja, namun juga masyarakat desa, termasuk masyaraat dari kabupaten tetangga. Terlebih, sejak beroperasi akhir tahun 2021 lalu, bus Trans Banyumas menduduki performa tertinggi se-Indonesia, karena load factor yang tinggi, serta rendahnya tingkat pelanggaran.

Ditambah lagi dengan keberadaan bus wisata gratis yang dioperasikan setiap akhir pekan. Hal ini mampu mendongkrak tingkat kunjungan wisata di Banyumas, serta pengoperasian bus sekolah yang melayani di daerah pinggiran secara gratis. Subagyo menyebut, Dishub Banyumas mampu mengakomodir kebutuhan transportasi semua kalangan, sehingga pelayanan transportasi umum di Banyumas berjalan dengan baik.

Tidak hanya itu, dalam hal pemenuhan rambu dan marka jalan, Dishub juga selalu rutin melakukan evaluasi, sehingga kebutuhan rambu pada satu titik tertentu akan direspon dengan cepat. Begitu pula dengan pemenuhan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU), di mana semakin banyak wilayah dan jalan-jalan yang terjangkau PJU. Keberadaan PJU ini, selain mempermudah mobilitas kendaraan pada malam hari, juga menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga :   Bupati Tiwi Hadiri Pelepasan 11 Anak Panti Asuhan Mandhanisiwi

Sementara untuk wilayah Kota Purwokerto, Dishub Banyumas juga terus melakukan evaluasi terkait jalur-jalur padat kendaraan, serta pengaturan jalur satu arah dan lainnya.

Lebih lanjut, Bagyo, yang juga KomandanTe Bintang Dua Dapil 4 Kab. Banyumas ini menjelaskan, terkait kinerja Dishub Banyumas, pihaknya mendorong agar Dishub segera merealisasikan parkir elektronik. Sebab, upaya parkir elektronik ini, menurut Bagyo akan mampu meningkatkan pendapatan sektor parkir secara signifikan.

“Sekarang ini, Kab. Banyumas masih menerapkan pengelolaan parkir konvensional. Namun, untuk parkir elektronik sebenarnya sudah mulai dibahas dan kita dorong, agar lebih cepat direalisasikan,” ucap Bagyo.

Sementara itu, Kepala Dishub Kab. Banyumas, Agus Nur Hadie, S.Sos., M.Si., menyampaikan, semua inovasi yang dilakukan Dishub Banyumas merupakan hasil kolaborasi kerja staf dan pegawai Dishub yang tak kenal lelah.

“Semangat para pegawai Dishub Banyumas sangat luar biasa dan antar bagian selalu saling berkoordinasi, dan juga saling dukung, serta kompak. Pokoke ‘Dishub Guyub’,” pungkasnya.

Koresponden : Karsim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here