Bagus Selo Beri Pelatihan Pengelolaan Homestay

0

Kabupaten Karanganyar – Optimalisasi sarana dan fasilitas penginapan bagi para wisatawan di Bumi Intanpari, melalui Dinas terkait, melaksanakan Pelatihan Pengelola Homestay, yang dilaksanakan di Tawangmangu,  Selasa (7/9/2021).

Pelatihan yang diikuti 25 orang, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Peserta yang terdiri dari beberapa pemilik dan pelayan homestay, praktisi pariwisata, pokdarwis, serta perwakilan Dinas, dengan salah satu narasumber, yaitu, Ketua DPRD Kab. Karanganyar, Bagus Selo.

Dalam kegiatan itu, Bagus Selo mengatakan, dengan pelatihan yang dilaksanakan ini, para pemilik homestay dapat bertukar pikiran antar pelaku usaha. Perlu diketahui, beberapa destinasi wisata yang ada di Bumi Intanpari mengalami minim fasilitas penginapan.

“Jadi, ini harus diberdayakan, karena hal ini merupakan salah satu faktor penunjang promosi wisata, sekaligus faktor dalam mendorong perekonomian masyarakat melalui sektor pariwisata. Hal ini juga bisa memberikan peluang bagi masyarakat di sekitar kawasan wisata untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Namun, profesionalitas dalam pelayanan bidang kepariwisataan menjadi hal pokok yang harus diperhatikan,” ungkapnya.

Bagus Selo yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Karanganyar berpesan kepada pemilik homestay, agar memberi pelayanan terbaik bagi para wisatawan. Sebab, Karanganyar merupakan daerah potensial untuk pengembangan pariwisata.

Menurutnya, pelatihan ini difokuskan kepada pengelola homestay, serta pokdarwis (kelompok sadar wisata) yang minim penginapan, bahkan tidak ada sama sekali penginapan, namun memiliki objek wisata menarik.

“Masyarakat dapat berperan, khususnya di lingkup kawasan wisata yang belum memiliki penginapan. Kami berharap, masyarakat bisa mempersiapkan penginapan secara professional, sehingga meskipun bukan kelas penginapan berbintang, namun para wisatawan merasa nyaman,” pungkasnya.

Koresponden : Rindu

Baca Juga :   DPC PDI Perjuangan Jepara Kembali Buka Posko Prakerja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here