Apresiasi Peranan MDMC Purbalingga, Bupati Tiwi: Sigap dan Responsif Dalam Penanganan Bencana

0

Kabupaten Purbalingga – Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, yang akrab disapa Tiwi menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kab. Purbalingga atas sinergitasnya dalam membantu penanganan bencana yang terjadi di Kab. Purbalingga. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Tiwi pada acara Sarasehan MDMC Purbalingga Kesiapan Masyarakat dalam Menghadapi Bencana Hidrometrologi, di Posko OMOR Kaligondang, Jumat (14/1/2022).

Bupati Tiwi menambahkan, Kab. Purbalingga merupakan salah satu kabupaten/kota yang mempunyai potensi kebencanaan. Terlebih melihat dari letak geografisnya, Kab. Purbalingga berada di kaki Gunung Slamet, serta dilalui oleh 2 aliran sungai besar, sehingga berpotensi kebencanaan di beberapa desa dan juga kecamatan.

“Seperti halnya beberapa waktu lalu, terjadi tanah longsor di Desa Sirau. Kemudian potensi banjir di Kecamatan Kemangkon dan Kaligondang, serta potensi angin puting beliung dengan curah hujan yang tinggi sering terjadi di beberapa wilayah di Purbalingga,” tuturnya.

Menurutnya, keberadaan MDMC Purbalingga sangat membantu Pemkab Purbalingga dalam penanganan bencana yang ada. Dalam hal ini, MDMC Purbalingga dinilai sigap dan responsif dalam penanganan bencana.

“Tahun 2021 lalu, MDMC membantu masyarakat Desa Tumanggal, Kecamatan Pengadegan dalam membangun hunian sementara (huntara) untuk warga yang rumahnya terdampak tanah bergerak. Luar biasa apa yang sudah dilakukan oleh MDMC Purbalingga,” imbuhnya.

Bupati Tiwi, yang juga Wakil Ketua Bidang Ekonomi DPC PDI Perjuangan Purbalingga berpesan, agar MDMC Purbalingga senantiasa bersinergi dengan Pemkab Purbalingga. Sebab, keberadaan MDMC Purbalingga sangat dirasakan oleh masyarakat Kab. Purbalingga. Semoga apa yang sudah dilakukan oleh MDMC Purbalingga senantiasa membawa manfaat dan keberkahan bagi masyarakat Kab. Purbalingga.

Sementara itu, Ketua MDMC Purbalingga, Sutaryo menyampaikan terimakasih atas kehadiran Bupati Tiwi di sela-sela kesibukannya. Sutaryo bersama seluruh jajaran MDMC Purbalingga siap bersinergi dengan Pemkab Purbalingga dalam penanganan bencana.

Baca Juga :   Mas Sony: Semoga Pelatihan Barista Membuka Peluang Bisnis bagi Masyarakat

Koresponden : Agung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here