Apresiasi Afif kepada KWT Srikandi Watumalang

1
Foto: Calon Bupati Wonosobo Afif Nur Hidayat Bersama Kelompok Wanita Tani (KWT)

Kabupaten Wonosobo – Calon Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat secara simbolis menanam pohon kacang Makadamia di lahan pertanian yang dikelola Kelompok Wanita Tani (KWT) Srikandi Welahan Wonoroto Watumalang, Kab. Wonosobo, Selasa (27/10/2020).

Afif mengapresiasi kegigihan penggiat KWT dan KTH Srikandi dalam ikut mengembangkan sektor pertanian terpadu. Langkah yang sudah dilakukan komunitas perempuan di Watumalang ini sejalan dengan konsep integrated farming (pertanian terintegrasi).

Foto: Calon Bupati Wonosobo Afif Nur Hidayat Bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) Srikandi Welahan Wonoroto

“Hal tersebut sudah sejalan dengan apa yang telah dituangkan dalam Visi Misi Afif-Albar yaitu tentang konsep pertanian terintegrasi memang sudah disiapkan. Jadi antara apa yang sudah dilakukan perempuan Srikandi dengan konsep saya tentang pertanian terintegrasi sudah nyambung, nanti tinggal dikolaborasikan saja,” ungkap Afif.

Selama ini KWT Srikandi Welahan Wonoroto Watumalang juga mengembangkan usaha rumah jamur, budidaya Madu Lebah, bank sampah, dan menanam aneka sayuran serta buah-buahan serta pembuatan batik organik.

Afif Nur Hidayat menambahkan, dalam konsep integrated farming, lahan pertanian bisa dimanfaatkan secara terpadu dan terintegrasi. Lahan pertanian bisa ditanami sayuran dan buah-buahan, untuk kandang ternak, pengembangan lebah, bank sampah maupun budidaya perikanan.

“Harapannya masyarakat bisa bergerak melakukan pemberdayaan ekonomi pertanian dan lingkungan hidup sebagai upaya untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat dan juga membantu pemerintah dalam pemberdayaan alam dan lingkungan. Sehingga nantinya ada sinergi antara pemerintah dengan KWT dan Kelompok Tani lainnya yang akan mendorong sektor pertanian menjadi primadona bagi generasi milenial yang akan datang,” pungkasnya.

Koresponden : Rendy – Prima

Baca Juga :   Baguna Kebumen Raih Penghargaan Relawan Covid-19

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here