Angkringan Pedopokon, Merden Jadi Tempat Kumpul Pemuda Milienial Atasi Covid-19

0

Kabupaten Banjarnegara – Angkringan  Pedopokan yang berada di Desa Merden, Kecamatan Purwanegara, dapat dikatakan berbeda dengan angkringan pada umumnya. Selain menyediakan beraneka ragam makanan dan minuman rakyat, angkringan Pedepokan juga menjadi tempat berkumpul anak-anak milenial kreatif. Anak-anak muda yang sering berkumpul di angkringan Pedepokan adalah anggota Karangtaruna Desa Merden. Angkringan tersebut dikelola oleh Hazalah Hanan Syah, yang merupakan putra dari mantan Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kab. Banjarnegara, Badrusalam.  Selain itu, Badrusalam juga merupakan mantan Ketua Karangtaruna Provinsi Jawa Tengah.

Saat para pemuda berkumpul di angkringan milik putranya,  Badrusalam sering dimintai saran terkait kepemudaan. Mulai dari obrolan tersebut, ternyata berlanjut menjadi dialog interaktif konstruktif, seperti dialog budaya, social dan agama. Dari dialog inilah, kemudian muncul ide-ide sampai dengan melakukan berbagai kegiatan positif. Saat Pandemi Covid -19, anak muda secara berkala melakukan penyemprotan disinfektan, pembagian masker, serta melakukan sosialisasi 3M kepada masyarakat pinggiran, yaitu terkait mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Foto : Wakil Ketua Bidang Keanggotan dan Organisasi DPC PDI Perjuangan Banjarnegara, Wahju Djatmika AL. BS, S.E., bersama Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Purwanegara, Ahmad Badrusalam

Badrusalam juga memberikan apresiasi kepada para pemuda yang berada di Desa Merden atas kepekaannya terhadap permasalahan sosial di lingkungannya. Saat ini Karangtaruna diminta untuk berkonsentrasi terhadap  sosialisasi Protokol Kesehatan Covid-19. Mengingat Pandemi Covid-19 yang belum berakhir, justru ada kecenderungan yang mengkhawatirkan.

Badrusalam juga memberikan apresiasi terhadap Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah dalam melakukan penyuluhan sosial dalam rangka peningkatan kualitas tanggung jawab dan kesetiakawanan sosial di Kab. Banjarnegara Tahun 2020 di Desa Merden.

“Semoga penyuluhan sosial dalam rangka peningkatan kualitas tanggung jawab dan kesetiakawanan social dapat menjadi motivasi bagi masyarakat Kab. Banjarnegara, khususnya generasi muda yang tergabung dalam wadah Karangtaruna  yang berada Desa Merden Kecamatan Purwanegara,” tutup Badrusalam.

Baca Juga :   Dorong Akselerasi Digitalisasi Ekonomi Daerah, Mbak Yuni Kukuhkan TP2DD

Koresponden : Chrisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here