Andang: Hari Pangan Sedunia, Refleksi Keberpihakan pada Nelayan

0
Foto: Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Jepara, sekaligus Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, Andang Wahyu Triyanto

Kabupaten Jepara – Bagi Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Jepara, Andang Wahyu Triyanto, Hari Pangan Sedunia menjadi momentum untuk mengevaluasi sejauh mana keberpihan kebijakan terhadap para pelaku utama pangan, yakni nelayan, petani, dan peternak.

Politisi yang juga anggota Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah itu mengatakan, melihat kondisi Jepara, bahwa sudah seharusnya keberpihakan yang dimaksud salah satunya bisa berupa anggaran dan pelayanan kepada para nelayan kecil.

“Anggaran menjadi perwujudan keberpihakan terhadap pelaku utama pangan, APBD Jawa Tengah saat ini belum berpihak kepada pelaku utama pangan, di mana hanya memberikan anggaran dari total APBD 2021, yakni sebesar 1,04% untuk Dinas Pertanian dan Perkebunan, 044% untuk Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, serta 0,62% untuk Dinas Kelautan dan Perikanan,” jelas Andang.

Lebih lanjut Andang mengatakan, bahwa anggaran untuk dinas-dinas tersebut biasanya sebagian besar digunakan untuk urusan penunjang kedinasan. Sehingga nilainya sangat kecil yang sampai langsung kepada pelaku utama pangan.

“Anggaran untuk sektor pangan ini terbilang sangat kecil, padahal peranannya besar. Sebut saja sektor perikanan, di sana ada nelayan yang memastikan dipiring makan kita semua ada ikan, memastikan sumber pangan kita terpenuhi,” tambah Andang.

Lanjut Andang, menjelang Hari Pangan Sedunia ini, ia berharap ada upaya-upaya serta wujud nyata keberpihakan pemerintah Jawa Tengah terhadap pelaku utama pangan.

Koresponden : Agus Budianto

Baca Juga :   DPC PDI Perjuangan Kabupaten Brebes Bagikan Daging Kurban

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here