Ajak Pemuda Percantik Lingkungan Sekitar, Sri Harjono: Melu Memayu Hayuning Bawono

1

Kabupaten Karanganyar – Anggota Fraksi PDI Perjuangan Karanganyar, Drs. Sri Harjono mengajak masyarakat untuk melakukan kerja bakti rutin setiap Minggu secara bergiliran, mulai dari kalangan orangtua, hingga Karangtaruna yang berada di wilayah Klatak Karangpandan. Kegiatan yang dapat dilakukan, seperti penanaman pohon, bersih sungai, bersih kampong, serta berbagai kegiatan lainnya.

Drs. Sri Harjono mengatakan, kegiatan ini sebagai wujud implementasi dari spirit gotong royong masyarakat. Selain itu, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk “Melu Memayu Hayuning Bawono” , yaitu dengan membuat ayu lingkungan sekitar, serta membuat suatu gerakan yang bermanfaat di lingkungan masing-masing.

Foto: Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Karanganyar, Drs. Sri Harjono

“Kampung Klatak adalah salah satu kampung wisata kuliner yang menyediakan makanan dan minuman khas daerah. Kita adakan kegiatan rutin ini adalah untuk memercantik desa kita, agar memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan luar daerah, maupun dalam daerah,” tuturnya.

Sri Harjono menambahkan, kampung kuliner Klatak Karangpandan yang terletak di Desa Karangpandan, Kecamatan Karangpandan merupakan pusat kuliner dengan masakan khas daerah Jawa Tengah. Sayur Lodeh, Lontong Opor, Nasi Pecel, Nasi Gudangan, Tahu Kupat, serta Pondoh Pecel adalah beberapa referensi kuliner di tempat tersebut.

“Masyarakat Klatak Karangpandan berjualan makanan tersebut di rumah masing masing. Tujuan dibangunnya Kampung Kuliner Klatak Karangpandan adalah untuk pemberdayaan ekonomi yang berbasis wisata dengan tema ‘Merawat Bumi’,” imbuhnya.

Sri Harjono juga mengungkapkan, selain itu, pembagunan kampong kuliner tersebut adalah untuk menjalankan tugas sejarah dari Bung Karno, yaitu Menambah Tenaga Kaum Marhaen. Kampung Kuliner Klatak Karangpandan dikelola dengan bersinergi bersama Masyaraakat Klatak Peduli Wisata (Makladuta), yang motor penggeraknya adalah kaum milenial yang berada di kampung tersebut. Sri Harjono juga berharap, keberadaan kampung kuliner tersebut dapat menjadikan masyarakat menjadi sejahtera.

Baca Juga :   Panen Hasil Budidaya Lele, Sutari: Ini Adalah Hasil Perjuangan Bersama

Koresponden : Rindu

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here