Yunianto: Tumbuhkan Rasa Nasionalisme dan Patriotisme!

0
Foto: Ketua DPRD Temanggung, Yunianto

Kabupaten Temanggung – Ketua DPRD Temanggung, Yunianto menghadiri upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 di Alun-alun Temanggung. Hadir dalam acara tersebut seluruh jajaran Forkopimda, OPD, Dinas, serta tamu undangan lainnya.

Pada acara tersebut, Yunianto berkesempatan ikut menjadi protokoler acara, yakni membaca Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Menurutnya, tugas tersebut merefleksikan tupoksinya sebagai pimpinan legislatif yang harus paham terkait aspek regulasi mendasar yang ada di Indonesia.

Foto: Yunianto Ajak Pemerintah dan Masyarakat Senantiasa Memaknai Arti Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia

“Membacakan Undang-undang Dasar 1945 adalah sebuah kehormatan bagi saya, karena itu menjadi pijakan utama dalam pendekatan hukum untuk menyelenggarakan kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk di dalamnya adalah tata kelola pemerintahan. Selaku Ketua DPRD Temanggung, saya juga harus memastikan bahwa seluruh elemen pemerintahan di Temanggung bekerja sesuai rule the game-nya, yang paling mendasar adalah UUD 1945,” paparnya setelah selesai mengikuti kegiatan upacara bendera, Rabu (17/8/2022).

Lebih lanjut, Yunianto yang juga merupakan Ketua DPC PDI Perjuangan Temanggung menyatakan bahwa pemerintah maupun masyarakat harus memaknai HUT Kemerdekaan RI Ke-77 ini sebagai momentum untuk meningkatkan rasa nasionalisme serta patriotisme. Dengan dua hal tersebutlah ia yakin bangsa Indonesia ini akan terus bertumbuh dan berprogres di setiap lini kehidupan.

“Mari kita jadikan momentum ini sebagai langkah untuk meningkatkan nasionalisme dan patriotisme. Saya yakin, dua hal tersebut apabila diimplementasikan secara inklusif akan menghasilkan produktivitas. Setiap progres yang tercipta senantiasa bermuara untuk kepentingan umum, bukan kemudian mengeksploitasi satu sama lain,” tuturnya.

Sebelumnya, Yunianto mengatakan bahwa dirinya bersama Forkopimda pada malam 17 Agustus 2022 juga telah melaksanakan doa bersama untuk para pahlawan bangsa. Adapun lokasi kegiatan tersebut berada di Daerah Aliran Sungai Kali Progo serta dilanjutkan dengan acara Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makan Pahlawan Pikatan.

Baca Juga :   Hari Ibu, Ratna: Depwan Harus Menjadi Penentu Masa Depan Bangsa

“Sebelum acara upacara bendera, tadi malam kita beretrospeksi terhadap perjuangan para pahlawan di Temanggung. Ini sangat penting dilaksanakan sebab dapat menggugah spirit kita sebagai Rakyat Indonesia untuk terus memberikan peran positif kepada bangsa dan negara sebagaimana para pahlawan yang sudah berjuang sampai titik darah penghabisan,” tandasnya.

Koresponden : Enggar – Zidan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here