Yunianto Terima Kunjungan Pembelajaran dari SMP Al Kautsar

0
Foto: Yunianto Memberikan Materi Pendidikan Politik Kepada Generasi Muda

Kabupaten Temanggung – Ketua DPRD Temanggung, Yunianto memberikan dukungan terhadap program pendidikan politik bagi generasi muda. Hal itu ia sampaikan saat menerima kunjungan pembelajaran non kelas dari SMP Al Kautsar di Ruang Sidang Paripurna DPRD Temanggung, Rabu (20/7/2022).

Yunianto mengatakan jika pendidikan politik bagi generasi muda ini adalah salah satu strategi edukatif untuk mengurangi sikap apatisme yang lahir dari gerakan deparpolisasi. Menurut sosok Ketua DPC PDI Perjuangan Temanggung tersebut, mestinya generasi muda harus dibentuk mindset-nya sebagai pencerah di kehidupan politik, bukan melepaskan diri dari dunia politik.

Foto: Siswi SMP Al Kautsar Antusias Mengikuti Pemaparan Materi dari Yunianto

“Gerakan deparpolisasi ini sangat masif dilakukan supaya ruang lingkup politik kita tidak kondusif. Akibat dari gerakan ini adalah pemuda semakin apatis terhadap dunia politik, padahal politik adalah penentu kebijakan yang dapat mengarahkan masa depan bangsa dan negara. Untuk itu, pendidikan politik ini akhirnya bukan sekedar penting dilakukan, tapi wajib dilaksanakan,” ungkapnya.

Yunianto juga mengatakan bahwa pendidikan politik adalah salah satu upaya untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan demikian, menurutnya tentu diperlukan sinergitas antar institusi supaya proses pemberian edukasi kepada generasi muda ini berjalan secara optimal.

“Mari kita refleksikan kembali jika salah satu cita-cita bangsa Indonesia yang termaktub dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Itu bisa kita aktualisasikan melalui pendidikan politik kepada generasi muda agar mereka paham jika nasib bangsa ini ke depan ada di pundaknya. Dukungan terhadap pendidikan politik ini juga harus diimplementasikan oleh lintas sektoral, antar institusi, sehingga terjalin sinergitas yang komprehensif,” paparnya.

Baca Juga :   Ikuti Virtual Launching Sistem Peringatan Dini Bencana, Arif Nugroho: Upaya Bersama Dalam Menghadapi Potensi Bencana

Sementara itu, Ketua Yayasan Al Kautsar Temanggung, Muhammad Kurniawan mengucapkan terima kasih kepada Yunianto yang telah menyambut dengan hangat kegiatan pembelajaran non kelas dari lembaga pendidikannya. Ia menyatakan bahwa kehadirannya tersebut memiliki tujuan supaya anak didiknya paham terkait tugas pokok dan fungsi dari institusi DPRD Temanggung.

“Kegiatan ini sangat istimewa, karena Bapak Ketua DPRD menyempatkan hadir di tengah kesibukannya. Tadi sudah saya sampaikan kepada Pak Yunianto bahwa hadirnya kami ke sini adalah supaya anak-anak kami paham terkait mekanisme kerja dari DPRD Temanggung. Syukur, mereka juga gembira bisa mendapatkan ilmu sekaligus melihat langsung kantor dewan ini,” tandasnya.

Koresponden : Enggar – Zidan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here