Yunianto Hadiri Pagelaran Seni Budaya di Limbangan

0
Foto: Yunianto Membuka Acara Pagaleran Seni Budaya

Kabupaten Temanggung – Ketua DPRD Temanggung, Yunianto menghadiri acara pagelaran seni dan budaya di Dusun Limbangan, Caruban, Kandangan. Adapun acara tersebut digelar dalam rangka tasyakuran masyarakat atas keberhasilan pembangunan desa yang telah dilakukan.

Dalam sambutannya, Yunianto menghaturkan rasa terima kasih karena masyarakat begitu peduli dengan eksistensi seni dan budaya. Baginya, hal ini harus terus ditumbuhkan sehingga ke depan seni dan budaya yang ada di masyarakat tidak tergerus oleh arus budaya asing yang kian masif menginfiltrasi.

Foto: Yunianto Menegaskan Komitmen untuk Terus Melestarikan Seni dan Budaya

“Saya menyampaikan rasa terima kasih karena masyarakat Dusun Limbangan begitu peduli dengan eksistensi seni dan budaya. Hal ini harus terus kita jaga, karena seni dan budaya ini merupakan jati diri bangsa kita yang menjadi identitas nasional. Ketika seni dan budaya kita rawat dengan baik, maka infiltrasi budaya asing yang bertentangan dengan Pancasila dapat terminimalisir, mengingat masyarakat tidak lepas dari akar budaya miliknya sendiri,” paparnya, Jumat (3/6/2022).

Lebih lanjut, Yunianto yang juga merupakan Ketua DPC PDI Perjuangan Temanggung ini menjelaskan bahwa eksistensi seni budaya seperti halnya tarian tradisional memiliki makna filosofis. Ia mencontohkan Tari Jaran kepang yang menandakan bahwa persatuan dan kesatuan serta keberanian kolektif akan berimplikasi pada terciptanya tatanan kehidupan yang lebih baik.

“Belajar filsafat itu tidak harus dari barat, karena bangsa Indonesia juga memiliki peradaban yang agung dan budaya yang adiluhung. Misalnya adalah Tarian Jaran Kepang. Selain nilai estetis dari irama dan gerakan, nilai etisnya juga dapat kita pelajari bersama bahwa untuk menghadapi dinamika khususnya polemik harus disikapi dengan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat serta keberanian dalam bertindak,” ungkapnya.

Baca Juga :   Tinjau Realisasi Bankeu, Nur Ikhsan Yakin Masyarakat Puas

Terakhir, Yunianto menegaskan bahwa ia berkomitmen untuk terus mendukung eksistensi seni dan budaya yang ada di Temanggung. Ia mengatakan bahwa anak ideologis Bung Karno harus senantiasa memaknai segala bentuk seni dan budaya yang ada di masyarakat, mengingat konsepsi Trisakti Bung Karno salah satunya adalah ‘Berkepribadian Dalam Berkebudayaan’.

Koresponden : Enggar – Zidan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here