Wonogiri Sabet Penghargaan Sebagai Daerah Terinovatif di Indonesia

0
Foto: Bupati Kab. Wonogiri, Joko Sutopo Saat Menerima Penghargaan Sebagai Daerah Terinovatif di Indonesia

Kabupaten Wonogiri – Penuh rasa syukur dan bangga, itulah yang dirasakan jajaran Pemkab Wonogiri saat ini. Pasalnya pada Jumat (18/12/2020), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) memberikan penghargaan kepada Pemkab Wonogiri sebagai Kabupaten Terinovatif di Indonesia.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, yakni Muhammad Tito Karnavian pada acara Malam Penganugerahan Innovative Government Award (IGA) 2020 yang diselenggarakan di The Sultan Hotel and Residence Jakarta.

Berdasarkan rilis resmi Kemendagri, pemerintah daerah yang menerima penghargaan tersebut diseleksi melalui kompetisi Innovative Government Award pada November 2020. Adapun kompetisi tersebut diikuti oleh 484 pemerintah daerah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Mengetahui pencapaian tersebut, begini jelas Mas Jekek, sapaan akrab Bupati Wonogiri tersebut, “Wonogiri meraih prestasi itu atas capaian bersama untuk transparansi dan akuntabilitas pemerintah yang lebih mengedepankan fungsi-fungsi pelayanan di seluruh lini,” jelasnya.

Lebih lanjut, Mas Jekek menambahkan, bahwa ragam inovasi adalah kunci sukses dalam menghantarkan Kab. Wonogiri untuk menerima penghargaan tersebut. Sebagai salah satu sistem yang menjadi andalan di antaranya adalah Telunjuk Sakti yaitu sistem layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) yang memanfaatkan teknologi dan aplikasi sistem pencatatan kehadiran Aparat Sipil Negara (ASN) Pemkab Wonogiri yang bernama Hadirku.

Tidak hanya itu, terdapat juga aplikasi sistem pencatatan tambahan penghasilan pegawai negeri yang diberi nama Si Tamppan. Aplikasi ini mencatat kinerja dan kedisiplinan ASN, jika dalam aplikasi tersebut kinerja tercatat 60-70%, maka ASN berhak menerima Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP).


“Maka kami pastikan dalam memberikan satu reward terhadap ASN kami tentu bukan berdasarkan representasi, tetapi menggunakan Metodologi Meritokrasi. Demi menumbuhkan motivasi tersebut, Pemkab Wonogiri juga menggelar Wonogiri Innovation Awards 2020,” tegas Mas Jekek.

Baca Juga :   Fardinal Sasono Serahkan Bantuan Kursi Roda

Sebagai informasi tambahan, selain OPD dan UPTD, masyarakat umum dan entitas Pendidikan pun dapat ikut serta dalam membangun Wonogiri. Mas Jekek sendiri berkomitmen untuk menjadi fasilitator bagi pihak-pihak yang ingin berinovasi dan memberi perubahan positif bagi kebaikan-kebaikan di Kab. Wonogiri.

Editor : Hana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here