Wakil Ketua PAC Gembong Tekuni Usaha Ternak Ayam Petelur

0

Kabupaten Pati – Wakil Ketua PAC PDI Perjuangan Gembong Kuslin, menekuni usaha ternak ayam petelur. Usaha ini telah dijalaninya selama 4 tahun terakhir dan terletak di Desa Pohgading, Kec. Gembong, Kab. Pati.

Awal mula Kuslin menekuni usaha ternak ayam petelur ini dikarenakan dirinya pada sebelum itu telah memiliki usaha ternak ayam pedaging. Namun dirasa kandang untuk ayam pedaging tersebut dirasa sudah tidak layak, akhirnya Kuslin merombak total kandang tersebut dan dialihkan untuk ternak ayam petelur.

Setelah memilih dan merombak kandang tersebut, Kuslin memulai usaha dengan membudidayakan beberapa puluh ekor ayam. Melalui ketekunan yang dirinya tunjukkan, akhirnya dari yang awal mula hanya memiliki satu kandang, sekarang telah berkembang hingga 3 kandang dan terdapat kurang lebih 2.000 ekor ayam.

Dalam hal pembibitan, Kuslin membeli kuthuk atau bibit ayam yang berumur sehari untuk kemudian menunggu ayam bertelur hingga kurang lebih 18 minggu. Disamping menelurkan bibit ayam yang telah dimilikinya, Kuslin juga seringkali menjual bibit ayam yang telah dihasilkan oleh indukan.

“Pemasarannya untuk ayam dengan jumlah sekitar 2.000 cukup di daerah sendiri dan sekitarnya. Pendistribusian dilakukan melalui pengiriman langsung ke toko atau terkadang mengambil sendiri ke kandang,” jelasnya.

Keuntungan yang dihasilkan dari usaha ini juga terbilang relatif, yang terpenting menurut Kuslin adalah hasil yang diperoleh dapat dijadikan untuk kebutuhan sekolah anaknya. Namun dirinya juga berharap pada kondisi Pandemi seperti ini dapat diberikan bantuan oleh Pemerintah.

“Dampak Covid-19 begitu saya rasakan, penjualan saya menjadi berkurang, sedangkan harga pakan dari pabrik justru naik. Sehingga harapan saya Pemerintah dapat memahami kondisi ini, untuk selanjutnya melakukan subsidi pakan untuk menjaga stabilisasi harga. Karena dengan hal semacam itu yang nantinya menjadikan usaha saya bisa terus berkembang,” tutup Kuslin.

Baca Juga :   PDI Perjuangan Blora Ikuti Tahlil untuk ABK KRI Manggala-402

Koresponden : Miftakhul Qomariyah