Wabup Rober Dukung Optimalisasi Pengelolaan Sampah

0
Foto: Rober Dampingi Warga Ngringo Belajar Pengelolaan Sampah

Kabupaten Karanganyar – Sejumlah masyarakat Desa Ngringo, Kecamatan Jaten ‘ngangsu kawruh’ atau belajar mengenai Pengelolaan Tempat Sampah (PTS) di Desa Munggur, Kecamatan Mojogedang. Giat tersebut didampingi Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto. Hasilnya sangat fantastis, pengelolaan rapi, tempat bersih, masyarakat sehat dan ada income dari pengelolaan sampah tersebut.

“Saya mengajak masyarakat Ngringo untuk belajar nyata pengelolaan sampah di PTS Desa Munggur, Mojogedang. Lingkungan bersih dan sehat, sampah dikelola dengan baik. Dari sampah mendatangkan manfaat berlipat,” ujar Rober, Kamis (9/6/2022).

Foto: Rober Berikan Dukungan Pada Pengelolaan Sampah untuk Kebermanfaatan Masyarakat

Rombongan Wabup Rober ditemui pengelola sampah, Ir. Sularno dan Joko Susilo. Keduanya menceritakan sampah dari warga sebanyak 300 KK ditampung di PTS Munggur untuk selanjutnya dipilah. Sampah yang mendatangkan manfaat ekonomis langsung dipilih seperti plastik dan lainnya. Sementara, sampah organik dijadikan satu dan diberikan bahan pengurai dan berubah menjadi air. Adapun air tersebut mengandung protein untuk tumbuhan sehingga sangat subur untuk tanaman.

“Dari penelitian yang dilakukan, air kami mengandung pupuk yang sangat baik untuk pertanian. Hanya saja dalam penggunaan perlu dicampur dengan air karena kadar protein untuk tanaman terlalu tinggi jika langsung diberikan. Hasilnya, tanaman buah tumbuh bagus,” papar Ir. Sularno.

Air hasil kompos ini dicari masyarakat luas untuk menyuburkan tanaman mereka. Sedangkan sampah yang tidak bisa diurai langsung dibakar. Sedangkan dari sisi ekonomi, Sularno mengatakan setiap rumah tangga memang memberikan kontribusi Rp. 10 ribu. Uang tersebut dipergunakan untuk proses pengolahaan sampah dan mengupah penarik sampah. Termasuk saat ini, sejumlah restoran di munggur sudah memasukkan ke tempat tersebut.

“Permasalahan sampah tuntas, mereka juga tidak keberatan. Bahkan, kami saat ini sudah bisa menyumbang Kas Desa dan membantu masyarakat untuk kegiatan sosial seperti membuat lapangan dan lain sebagainya,” ujarnya.

Baca Juga :   Wujud Kepedulian, Bambang Sutrisno Beri Bantuan Kursi Roda

Sementara, Widodo salah satu warga Ngringo merasa takjub dengan pengelolaan sampah. Pihaknya akan menerapkan Pengelolaan sampah di Munggur untuk Desa Ngringo. Pengelolaan benar-benar baik dan tidak menimbulkan bau.

Koresponden : Heri – ERS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here