Wabup Ristawati Berbaur Bersama Warga Nikmati Wayang Kulit

0
Foto: Ristawati Harap Kesenian Wayang Kulit Senantiasa Dilestarikan

Kabupaten Kebumen – Tak ada sekat antara Wakil Bupati dengan warganya. Ini tercermin saat Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih menghadiri pagelaran Wayang Kulit di Desa Tugu, Kec. Buayan, Sabtu (27/11/2021).

Orang nomor dua di Kabupaten Kebumen itu terlihat ikut bersama menikmati hiburan yang identik dengan masyarakat kecil. Wabup Rista hadir didampingi Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata.

Foto: Ristawati Harap Kesenian Wayang Kulit Senantiasa Dilestarikan

Kegiatan itu digelar dalam rangka selamatan Desa Tugu dengan mengundang Ki Dalang Eko Suwaryo. Ratusan warga tampak memadati lokasi kegiatan di Kantor Kepala Desa Tugu.

Rista menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan tersebut. Selain sebagai bentuk ungkapan rasa syukur, giat ini juga merupakan bagian upaya melestarikan kekayaan lokal atau local wisdom. Terlebih, gelaran Wayang Kulit menjadi upaya mempertahankan tradisi sebagai penguatan identitas bangsa.

“Kami mengapresiasi Pemdes dalam rangka bersyukur atas limpahan rezeki selama ini yang diberikan kepada masyarakat Desa Tugu, juga sekaligus melestarikan kearifan lokal dengan pementasan Wayang Kulit,” katanya.

Banyak hal yang disampaikan Rista termasuk disiplin protokol kesehatan mengingat dalam 4 hari terakhir tercatat ada 5 kasus aktif di Kebumen. Dia juga mengingatkan bagi masyarakat yang belum melaksanakan vaksin untuk segera mengikutinya supaya mencapai kekebalan komunal.

Selain itu, Rista juga membumikan program berkelanjutan terkait pelestarian alam melalui himbauan penanaman pohon bagi masyarakat. Langkah ini dianggap penting sebagai antisipasi terjadinya banjir dan tanah longsor lantaran ekosistem alam kurang terjaga.

“Tidak bosan bosan kami mengingatkan kepada masyarakat untuk melaksanakan program nandur wit nggo anak putu yang nantinya dapat dirasakan bersama manfaatnya,” ucapnya.

Koresponden : Red

Baca Juga :   Ketua DPC PDI Perjuangan Grobogan Ikuti Rakornas Virtual

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here