Wabup Ristawati Awali Penanaman 70 Ribu Pohon

0
Foto: Ristawati Awali Giat Penanaman Pohon

Kabupaten Kebumen – Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih mengawali penanaman sebanyak 70 ribu pohon secara serentak di Desa Logandu, Kec. Karanggayam. Kamis, (4/11/2021).

Kegiatan tersebut digelar untuk menyambut Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang diperingati setiap tanggal 5 November. Wabup Ristawati didampingi Kepala OPD terkait serta Kepala Cabang Kehutanan Wilayah 3 Kedu Selatan.

Foto: Ristawati Berharap Penanaman Pohon Dapat Atasi Permasalahan Ekologi

Ristawati mengatakan, Karanggayam dikenal wilayah langganan kekeringan dan tanah longsor sehingga penanaman pohon diharapkan mampu menjawab persoalan tersebut.

“Penanaman pohon sangat penting dalam rangka pelestarian lingkungan. Pohon yang kita tanam sebagai upaya pemeliharaan sumber air dan menghindari ancaman longsor,” jelasnya.

Di sisi lain, penanaman pohon sesuai dengan visi misi jabatan yang diembannya. Yaitu dengan program ‘Nandur Wit Nggo Anak Putu’ atau menanam yang nantinya dirasakan untuk anak dan cucu.

“Kita wariskan pohon-pohon yang rimbun dan jenis hewan yang hampir punah. Itu sebagai yang mestinya kita persembahkan,” terangnya.

“Anak cucu tidak boleh ditinggali hanya nama-nama tumbuhan dan hewan. Tapi harus tetap eksis dengan cara pelestarian dan penghijauan,” imbuh Ristawati.

Kegiatan tersebut, menurutnya bentuk menjabarkan cita-cita PDI Perjuangan untuk mewujudkan alam yang lestari, seperti dicontohkan ketika HUT PDI Perjuangan beberapa waktu lalu.

“Sebelumnya kita juga sudah bergerak secara masif penanaman pohon di banyak titik termasuk bantaran Sungai Lukulo,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, terdapat 70 ribu bibit pohon yang ditanam. Bibit pohon dibagikan kepada masyarakat umum dan sejumlah kelompok tani. Sementara jenis pohon yang dibagikan meliputi pohon konservasi, produksi hingga buah-buahan. Seperti gayam, durian, jambu mete, matoa dan jarti.

Koresponden : Red

Baca Juga :   Perda SOTK Bakal Disahkan, Ketua DPRD Kebumen: Jadi Kompas Pembangunan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here