Wabup Kebumen Ajak Generasi Milenial Kembangkan Sektor Pertanian Berbasis Teknologi

0
Foto: Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih

Kabupaten Kebumen – Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih mengajak kaum milenial tidak malu untuk terjun ke dunia pertanian. Bahkan, Wabup Kebumen mendorong agar generasi milenial mampu mengkolaborasikan industri teknologi dengan pertanian.

Rista mengatakan, seiring berkembangnya alat mesin pertanian yang semakin canggih, sektor pertanian kini telah mengalami pergeseran. Artinya, bukan suatu profesi yang bisa dianggap kuno. Untuk itu, ia meminta kaum muda bisa mengambil peluang tersebut.

“Perlu ada regenerasi, anak-anak muda harus ambil bagian untuk bisa mengolah lahan pertanian berbasis teknologi. Kita lihat diluar negeri sudah pakai drone dan alat canggih lain,” jelasnya, Kamis (24/6/2021).

Menurutnya, nasib sektor pertanian masa depan adalah adanya keterlibatan para petani muda. Generasi milenial  dinilai tidak gagap teknologi. Sentuhan teknologi inilah yang diharapkan menjadi embrio pertanian modern dan maju.

“Kita tidak boleh jalan ditempat, pola mesti dirubah. Bagaimana mengolah pertanian tinggal pencet remot. Melalui tangan terampil dan pemikiran anak-anak muda ini pertanian bisa semakin efektif dan memudahkan perkerjaan,” imbuhnya.

Secara geografis, lanjut Rista, Kebumen memiliki potensi pengembangan pertanian cukup besar. Kondisi ini yang mestinya dilirik oleh kaum milenial sebagai magnet baru roda perekonomian masyarakat.

“Kab. Kebumen termasuk salah satu daerah penyangga pangan pokok di Jawa Tengah. Ini patut diperhatikan betul. Tanaman porang misalnya, begitu potensi keuntungan. Nah tinggal kita cari bagaimana teknologi pengolahannya,” papar Rista, yang juga Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kebumen.

Ia menyebutkan, inovasi sistem pertanian modern dapat diterapkan mulai dari pemasaran digital, operasional, serta proses pertanian. Sehingga terobosan ini menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan produktivitas pertanian, terlebih di tengah tantangan pandemi saat ini.

Baca Juga :   Ketua DPC PDI Perjuangan Demak Ajak Masyarakat Lakukan Pray From Home

“Pertanian merupakan satu diantara beberapa sektor yang bisa bertahan dari ancaman krisis. PR-nya disinkronisasi dengan perkembangan zaman sekarang dengan harapan menumbuhkan ekonomi secara merata,” pungkasnya.

Koresponden : MH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here