Usaha Opak Gendar Milik Kader Komunitas Juang Kabupaten Semarang

2

Kabupaten Semarang – Salah satu Kader Komunitas Juang Kab. Semarang, Kartika Putri, berusaha meningkatkan usaha opak gendar.  Usaha tersebut sudah dirintis oleh neneknya dan sampai dengan saat ini telah menjadi usaha Kartika bersama keluarga. Kartika memiliki semangat untuk mengenalkan makanan yang sudah ada sejak dahulu, serta meningkatkan kualitas dan pemasaran agar tidak melupakan dengan makanan peninggalan nenek moyang tersebut.

Proses pembuatan opak gendar oleh Kartika Putri bersama keluarga

Kartika Putri mengatakan, opak gendar merupakan makanan yang dapat dijadikan sebagai cemilan. Opak gendar dibuat dari bahan dasar air bleng, beras, bawang putih yang sudah dihaluskan, penyedap rasa, serta tepung tapioka. Seluruh bahan tersebut diolah menjadi satu, hingga menjadi nasi, kemudian ditumbuk sampai halus dan kemudian digepengkan. Untuk tipis tebalnya sesuai selera, kemudian dijemur.

Kartika Putri menambahkan, makanan opak gendar memang mudah dalam pembuatannya, namun untuk peminatnya tidak terlalu banyak. Pemasaran opak gendar tersebut dapat dilakukan dalam 2 bentuk, yaitu, dalam bentuk mentah yang dijual dengan harga Rp. 20.000/kg. Sedangkan, untuk yang siap konsumsi dimulai dari harga Rp. 5000. Pemasaran tersebut biasanya dijual dengan cara door to door, maupun dijual diwarung. Selain itu, dapat juga dipesan untuk sebuah acara.

Opak gendar siap jual dalam bentuk mentah

Sementara itu, Ketua DPRD Kab. Semarang, Bondan Marutohening menutup “Untuk Mbak Kartika, tetap semangat dalam menjalankan usahanya, serta dapat diberi kelancaran dan kesuksesan untuk masa depan,” tutup Bondan Marutohening, yang juga Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kab. Semarang.

Koresponden : Heru P – Kartika Putri

Baca Juga :   DPC BMI Banyumas Ikuti Webinar dengan DPP BMI Partai

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here