Usaha Kuliner “Sambal Bu Sultan” Milik Ketua PAC PDI Perjuangan Pagerbarang

0
333

Kabupaten Tegal – Kader PDI Perjuangan Kab. Tegal Chika Chaerunissa, S.T., M.T atau yang akrab disapa Chika memiliki sebuah inovasi pada bidang wirausaha kuliner. Sosok inovatif yang juga sebagai Ketua PAC PDI Perjuangan Pagerbarang, Kab. Tegal ini terinspirasi bahwa sambal merupakan menu pelengkap rasa disetiap menu makanan, Senin (6/7/2020).

Selain itu, Chika juga merupakan Anggota PC Baitul Muslimin Indonesia Kab. Tegal, sosok perempuan asli dari Desa Pagerbarang, Kec. Pagerbarang yang kini berwirausaha di bidang kuliner. Adapun varian yang ditawarkan olehnya antara lain, Sambal Hijau Teri, Sambal Teri Medan, Sambal Baby Cumi, Sambal Geprek, Sambal Terasi, dan Sambal Pete.

Dari pemikiran dasar semacam itulah yang akhirnya menjadikan Chika untuk tertarik mengembangkan berbagai aneka macam sambal. Untuk memperluas pemasaran dan mudah dikenal oleh tiap kalangan masyarakat, Chika menjadikan nama “Sambal Bu Sultan” sebagai merk produknya.

Sebagai daya dukung lainnya, pemanfaatan media sosial untuk menarik konsumen turut menjadi senjata utama nya. Pemasaran masif dilakukan pada tiap media sosial, selanjutnya konsumen juga diberikan berbagai akses kemudahan, baik melalui sistem pembelian Pre-Order (pemesanan) maupun COD (bertemu langsung).

Tidak kurang dari 15 botol untuk pengiriman sambal yang di produksinya dalam sehari, dan dalam 1 minggunya 70 botol disediakan oleh Chika dalam memproduksi sambal. Akan tetapi, ketika hari libur lonjakan pemesanan bisa melebihi angka normal di hari biasa, bahkan bisa lebih dari 20 botol pengiriman.

Merespon usaha yang dijalankan oleh kader Partai ini, Akhmad Ali Albar selaku Wakabid Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DPC PDI Perjuangan Kab. Tegal turut memberikan pandangan kedepan untuk mengelola berbagai usaha yang dijalankan oleh kader Partai.

Baca Juga :   Pasangan Yuni-Suroto Resmi Mendaftar ke KPU

“Banyak kader kita yang memiliki usaha baik di bidang Kuliner, Pengrajin dan lainnya. Hal tersebut perlu adanya inventarisir data usaha bagi para kader Partai, baik tingkat PAC, Ranting, dan Anak Ranting. Sehingga kita memiliki data dan bilamana ada Program baik dari DPR RI ataupun DPRD Provinsi dapat kita upayakan keterlibatan Program CSR nya,” tutup Akhmad Ali Albar.

Koresponden : Arif DN