Titik Sugiyarti Apresiasi RAT Kelompok Tani Ngudi Rukun

0
Foto: Sri Sugiyarti Hadiri Acara Koperasi Tani

Kabupaten Wonogiri – Baru baru ini kelompok tani Ngudi Rukun, Dusun Jaten, Desa Tanggulangin kecamatan Jatisrono telah sukses menggelar RAT koperasi kelompok tani. Titik Sugiyarti selaku anggota DPRD Komisi II Fraksi PDI Perjuangan yang membidangi pertanian turut hadir pada acara tersebut memberikan ucapan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap pengurus dan anggota koperasi. Minggu (27/3/2022).

“Tiap tahun koperasi bisa mengadakan RAT, membagikan SHU, dan bahkan bisa membeli seragam. Itu artinya menunjukkan bahwa koperasi berjalan dengan sehat. Pengurus mengelola kegiatan dengan tertib dan baik. Demikian juga anggota juga tertib dalam melaksanakan kegiatan simpan pinjam,” kata Titik.

Tidak dapat dipungkiri bahwa menjadi anggota koperasi membawa manfaat yang banyak bagi petani, yaitu dapat membantu menyelesaikan masalah yang dialami oleh petani saat ini. Adapun peran dari koperasi pertanian itu sendiri di antaranya sebagai wadah aspirasi petani dan berperan penting dalam kepedulian sosial, kesejahteraan para anggotanya, dan mendapatkan solusi yang memungkinkan untuk mengendalikan dan mempertahankan produk petani juga sambil menghasilkan pendapatan tambahan.

Peran koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan petani antara lain menyediakan modal kerja melalui kegiatan simpan pinjam. Penyedia sarana produksi pertanian di antaranya ialah penyediaan benih, pupuk dan pestisida, serta traktor sebagai alat bajak sawah. Edukasi melalui kegiatan pendidikan dengan mengikuti pelatihan, pembinaan seputar pertanian dari dinas terkait, mengadakan study banding pada koperasi lain dan gapoktan serta fasilitator dalam menjalin kemitraan dan kerjasama dengan pihak luar

Pada kesempatan tersebut juga ada sambung rasa dan tanya jawab terkait persoalan yang dialami oleh para petani, salah satunya masalah pupuk bersubsidi dan kartu tani. Para petani mengeluhkan minimnya alokasi pupuk bersubsidi yang diterima oleh petani. Kadang petani merasa kesulitan untuk mendapatkan pupuk bahkan pupuk non subsidi sekalipun pada saat musim tanam.

Baca Juga :   Gelar Konsolidasi, Sri Mulyani: Rebut Hati Masyarakat

Sebagian petani juga merasa kesulitan menggunakan kartu tani. Selama ini kartu tani sebagian di pegang oleh pengurus kelompok tani, mengingat banyak petani yang lupa menyimpan sehingga kesulitan ketika akan digunakan.

Titik juga berpesan agar kegiatan yang selama ini sudah berjalan dengan baik untuk dapat di tingkatkan lagi. Kepada pengurus, ia mendorong untuk lebih kreatif dan inovatif dalam berbagai kegiatan sehingga anggota koperasi lebih bersemangat dan merasakan manfaat yang lebih besar.

Titik menekankan kepada seluruh anggota kelompok untuk mengajak petani petani yang lain yang belum masuk koperasi kelopok tani agar juga bisa turut merasakan manfaat dan keuntungan menjadi anggota koperasi kelompok tani.

Koresponden : Firfeb

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here