Sri Ruwiyati: Pancasila Menjadi Kekuatan Berdirinya Bangsa Indonesia

0

Kabupaten Banjarnegara – DPC PDI Perjuangan Kab. Banjarnegara menggelar peringatan Hari Lahir Pancasila dan Bulan Bung Karno. Acara yang dihadiri oleh Struktur DPC, Ketua PAC se-Kab. Banjarnegara, Kader dan simpatisan Partai, Kader Komunitas Juang, serta Calon Kader Komunitas Juang (CKJ) Kab. Banjarnegara, dilaksanakan di Aula Marhaen Kantor DPC PDI Perjuangan Kab. Banjarnegara, Selasa (1/6/2021).

Dalam acara tersebut, hadir pula Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Hj. Sri Ruwiyati, S.E., M.M., Pengasuh Ponpes Tanbiqul Ghofilin, KH Muhammad Hamzah Hasan, serta Anggota Fraksi PDI Peejuangan DPRD Banjarnegara. 

Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Banjarnegara, H. Nuryanto menyampaikan, sesuai intruksi DPP PDI Perjuangan, Kader Partai akan melaksanakan kegiatan, seperti di desa-desa. Tentunya kegiatan tersebut nantinya dengan protokol kesehatan dan bersifat menyatu dengan masyarakat. Dengan kegiatan seperti ini, diharapkan Kader Partai dapat menyerap aspirasi, sekaligus dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang Pancasila.

“Dalam setiap kegiatan formal Partai, kita selalu  menyanyikan hymne PDI Perjuangan, serta memutarkan film Dedication of Life Bung Karno. Semua dimaksudkan untuk menyampaikan tentang pentingnya Pancasila, serta membumikan ajaran Bung Karno. Apa yang diajarkan Bung Karno tentang gotong royong harus tetap dilestarikan. Sebab, melestarikan semangat gotong royong dapat mempererat rasa kesatuan dan persatuan bangsa,” tuturnya.

Foto: Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Banjarnegara, H. Nuryanto

Sementara itu, Hj. Sri Ruwiyati, S.E., M.M., menjelaskan,  bahwa Covid-19 masih ada, sehingga seluruh elemen masyarakat harus selalu menjaga protokol kesehatan. Selain itu, juga harus memahami isi dan makna Pancasila yang didalamnya terdapat lima butir penting, yang  menjadi kekuatan berdirinya bangsa Indonesia.

“Kita sebagai kader PDI Perjuangan harus memahami dan berusaha untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang makna Ideologi Pancasila.  Sebab, saat ini banyak sekali aktor politik yang berusaha untuk membentur-benturkan Pancasila. Maka dari itu, saya mengajak kepada seluruh Kader Partai untuk  bersatu padu, agar dalam berpartai politik, kita akan merasa nyaman,” tegasnya.

Baca Juga :   Kuatkan Mesin Kampanye, Sri-Bambang Gelar Pelatihan Cyber
Rangkaian acara peringatan Hari Lahir Pancasila yang diselenggarakan oleh DPC PDI Perjuangan Banjarnegara

KH Muhammad Hamzah Hasan mengungkapkan, Pancasila selaras dengan agama. Pancasila merupakan dasar negara yang dijadikan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. KH Muhammad Hamzah Hasan menambahkan, sebagai warga negara harus, berpedoman dengan Pancasila. Selain itu, KH Muhammad Hamzah juga mengingatkan tekait pentingnya menerapkan protokol kesehatan. Mengingat, saat ini masih dalam masa Pandemi Covid-19.

Pada akhir acara, ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Hj Sri Ruwiyati, yang kemudian diserahkan kepada Ketua DPC PDI Perjuangan Banjarnegara, H. Nuryanto, serta Sekretaris DPC PDI Perjuangan Banjarnegara, Ismawan Setya Handoko, S.E.

Koresponden : Chrisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here