Sri Ruwiyati Apresiasi Tarian Sigra Mulya Kecamatan Sigaluh

0

Kabupaten Banjarnegara – Tari Sigra Mulya merupakan simbol kebangkitan budaya di Kecamatan Sigaluh. Tari Sigra Mulya akronim dari Sigaluh Rampak Tinuju Kamulyan, yang artinya Sigaluh kompak menuju kemuliaan. Hal tersebut disampaikan oleh Hj. Sri Ruwiyati, S.E., M.M., selaku Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Tengah di kediamannya di Desa Karangtengah, Rabu (10/8/2022).

“Tarian Sigra Mulya merupakan karya para seniman penggiat budaya di Kecamatan Sigaluh yang di pandegani oleh Camat Sigaluh, Bapak Izak Danial Aloys. Saya mengapresiasi Tarian Sigra Mulya Kecamatan Sigaluh, dimana tarian ini memberikan dukungan menuju Kecamatan Sigaluh yang maju, baik di tingkat kesejahteraan masyarakatnya, maupun wilayahnya,” tutur Sri Ruwiyati, yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah.

Tarian Sigra Mulya yang berasal dari Kecamatan Sigaluh.

Sri Ruwiyati mengucapkan terimakasih kepada para penggiat budaya di Kecamatan Sigaluh yang telah bersama-sama nguri uri budaya, agar keberadaannya tetap eksis. Pihaknya berharap, Tari Sigra Mulya bisa ditarikan oleh para kelompok seni yang ada di Kecamatan Sigaluh.

“Karena tarian ini produk lokal, tentunya menjadi kebanggaan bagi masyarakat di Kecamatan Sigaluh. Semoga, tarian ini kedepannya bisa ditampilkan dalam setiap event kebudayaan, agar tarian ini bisa dikenal dan dinikmati oleh masyarakat secara luas,” imbuh Sri Ruwiyati, yang juga KomandanTe Bintang Tiga Dapil 10.

Tarian Sigra Mulya ditampilkan dalam acara ruwat bumi atau merdi Desa Sawal Kecamatan Sigaluh pada Senin 8 Agustus 2022. Turut hadir pada kegiatan tersebut, Wahju Djatmika,AL.BS, S.E., selaku KomandanTe Bintang Dua Dapil 1 Banjarnegara, Forkopincam, penggiat budaya, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, serta ratusan masyarakat Desa Sawal.

Koresponden : Chrisna

Baca Juga :   Ali Badrudin: Gebyar Vaksinasi, Komitmen Penuh pada Rakyat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here