Sri Mulyani Genjot Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Klaten

0

Kabupaten Klaten – Bupati Klaten, Hj. Sri Mulyani, S.M., mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 -11 tahun. Pelaksanaan vaksinasi tersebut pertama kali dilaksanakan di SD IT Hidayah Klaten, Kampus 2 yang berlokasi di Kecamatan Ngawen, Kamis (23/12/2021).

Hj. Sri Mulyani menyampaikan, kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun bertujuan untuk mengurangi transisi atau penularan Covid-19, menurunkan angka kematian akibat Covid-19, serta menjaga kekebalan kelompok secara merata di Kab. Klaten. Selain itu, pelaksanaan vaksinasi bagi anak bertujuan untuk memberikan perlindungan sesama murid, seluruh guru, serta perlindungan keluarga dari Covid-19.

“Terima kasih kepada jajaran Forkopimda Klaten dan masyarakat yang selama ini sangat kuat dalam membantu Kab. Klaten untuk pencegahan dan pengendalian Covid-19. Dengan dilaksanakan vaksinasi Covid-19 diharapkan, dapat mencegah, serta mengurangi rasa sakit bagi orang yang terpapar Covid-19,” tuturnya.

Hj. Sri Mulyani menambahkan, pelaksanaan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun, menggunakan vaksinasi jenis Sinovac sebanyak 2 kali dengan interfal minimal 28 hari. Vaksinasi bagi anak 6-11 tahun dapat dilakukan di Puskesmas, rumah sakit, maupun fasilitas pelayanan kesehatan.

“Vaksinasi anak ini dipandang Pemerintah mendesak. Mengingat, varian omicron banyak menyerang anak-anak dan lansia. Sebab, negara-negara yang maju dan negara tetangga, omicron kebanyakan menyerang anak-anak dan menyerang lansia. Anak-anak belum terkena sasaran vaksin dan mereka banyak melakukan kegiatan di luar rumah, termasuk juga kelompok lansia, sehingga Pemerintah segera melakukan kegiatan vaksin untuk anak usia 6-11 tahun,” imbuhnya.

Hj. Sri Mulyani berharap, anak-anak semuanya sehat dan Covid-19 bisa dikendalikan penyebarannya. Apabila terjangkit, pastinya kalau sudah divaksin akan mengurangi rasa sakit. Namun diharapkan, selalu zero terus untuk Covid-19 di Klaten.

Baca Juga :   Ikuti Sekolah Partai, Mbak Eisti: Pemompa Spirit Pengabdian Kita

“Karena adanya varian virus yang baru, yaitu omicron dengan dampak yang lebih buruk dari varian sebelumnya, sehingga Pemerintah membuat kebijakan memberikan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun, karena omicron lebih banyak menyerang pada anak-anak dan lansia,” ungkapnya.

Hj. Sri Mulyani, yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Klaten menjelaskan, sasaran vaksinasi anak-anak sebanyak 100.300 di Kab. Klaten. Diharapkan, bantuan vaksinasi dari Pemerintah Pusat cukup untuk target sasaran vaksinasi anak.

Koresponden : Wawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here