Sofwan D Ardyanto Beri Wejangan Pada Dikdasus Karang Taruna

0
Foto: Sofwan D Ardyanto Memberikan Pemaparan Materi Kepada Pengurus Karang Taruna

Kabupaten Temanggung – Dalam rangka meningkatkan wawasan sekaligus pemahaman berorganisasi, Wakil Ketua Bidang Rekrutmen dan Kaderisasi DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Sofwan D Ardyanto memberikan pengarahan kepada jajaran pengurus Karang Taruna dalam acara Pendidikan Dasar Khusus (Dikdasus). Acara yang terselenggara di SMA PGRI Temanggung ini dihadiri oleh jajaran pengurus Karang Taruna Kabupaten dan Kecamatan, Sabtu (26/11/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Sofwan D Ardyanto menjelaskan jika eksistensi Karang Taruna merupakan organisasi yang mempunyai payung hukum di mana strukturnya sangat sistematis sampai di tingkat desa. Untuk itu, maka Karang Taruna dikatakannya mesti menjadi bagian dari organisasi pemuda yang mampu memberikan kontribusi positif bagi lingkungan sekitarnya.

Foto: Sofwan D Ardyanto Berinterkasi dengan Peserta Dikdasus

“Karang Taruna punya struktur yang lengkap dari pusat hingga desa. Keberadaannya juga tentu tidak terlepas dari peran serta pemerintah di masing-masing tingkatan. Karena network-nya luas, maka Karang Taruna ini harus mampu memberikan sumbangsih bagi lingkungannya. Pemuda di Karang Taruna harus mampu membaca terkait apa yang menjadi kebutuhan dan cita-cita masyarakat,” paparnya.

Karang Taruna pada satu sisi juga dikatakannya harus bertransformasi ke arah yang lebih produktif dan progresif. Predikat yang melekat pada Karang Taruna sebagai organisasi kepemudaan yang hadir ketika dibutuhkan pada hajatan atau event ceremony harus dirubah ke arah yang lebih moderat serta visioner.

“Jadi sering diasosiasikan oleh beberapa orang bahwa Karang Taruna ini tugasnya bantu ketika ada hajatan atau acara yang lainnya. Ini perlahan harus dirubah dengan langkah yang visioner. Mulai kembangkan ide-ide kreatif dan inovatif, yang suka IT buatlah produk baru, yang suka entrepreneurship mulai dikembangkan, karena Karang Taruna ini adalah bagian dari jaringan,” paparnya.

Baca Juga :   Mbak Eisti: Perkuat Makna HUT, FKUU Beri Gagasan Membangun

Terakhir, Sofwan D Ardyanto tak lupa menegaskan jika Karang Taruna punya kewajiban untuk membentuk kepribadian yang baik bagi anggotanya. Penguatan moral ini penting dilaksanakan supaya ke depan para pemuda ini tidak kehilangan jati diri sebagai bangsa Indonesia.

“Pertama yang mesti diperhatikan adalah karakter, karena di situlah yang akan menentukan masa depan sebuah organisasi maupun bangsa. Setelah karakter terbentuk, barulah ditingkatkan kompetensi dan kapasitasnya supaya bisa bersaing dengan konstelasi zaman. Pemuda harus punya karakter kuat supaya tidak tergerus dengan nilai-nilai yang kebarat-baratan,” pungkasnya.

Koresponden : Enggar – Zidan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here