Sinergitas KomandanTe dan Komunitas Juang Kota Magelang

0
Foto: Komunitas Juang Kota Magelang Bersama KomandanTe Melaksanakan Lomba untuk Anak-anak

Kota Magelang – Korps Komunitas Juang Kota Magelang bersama KomandanTe Bintang Dua, Gamal Arif menggelar lomba mewarnai Garuda Pancasila dan senam Sicita bersama di lingkungan RW 10 Kelurahan Wates. Adapun acara ini dilaksanakan dalam Rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-77, Minggu (28/8/2022).

Acara ini diikuti oleh 36 anak-anak yang terdiri dari siswa sekolah dasar. Bermodalkan gambar Garuda Pancasila yang digambar di atas gabus dan cat air, Komunitas Juang Kota Magelang mengarahkan anak-anak untuk melukis sesuai kreasinya. Kegiatan ini juga dibantu oleh Karang Taruna RW 10 yang digerakkan oleh Mas Gamal selaku KomandanTe pengampu. Dalam kesempatan itu pula, Kader Komunitas Juang Kota Magelang berkesempatan memberikan informasi terkait Komunitas Juang kepada anggota Karang Taruna RW 10.

Foto: Komunitas Juang Dorong Anak-anak Mampu Memahami Sekaligus Mengamalkan Nilai-nilai Pancasila

Berawal dari kegiatan ini pula juga terjalin kedekatan antar karang taruna dan Komunitas Juang sehingga dari mereka ada yang berminat mengikuti Komunitas Juang Kota Magelang. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Komunitas Kota Magelang yang juga ikut dalam kegiatan tersebut.

Alhamdulillah dengan kegiatan ini yang awal niatnya adalah membumikan ide dan memberikan pendidikan kebangsaan bagi anak-anak, namun juga dapat menjalankan program Komunitas Juang, yaitu perekrutan. Semoga dengan diawali niat yang baik ini kita dapat menjalankan program-program Komunitas Juang ke depan dengan riang gembira,” ungkap KJ Mega.

Selain kegiatan lomba mewarnai, kegiatan ini diisi dengan Senam Sicita bersama yang dipimpin oleh KJ Ferda. Semua anak-anak mengikuti gerakan dengan riang dan gembira. Dengan iringan musik yang sebagian besar adalah lagu daerah membuat anak-anak bergerak senam dan juga bersenandung menyanyikan lagu daerah tersebut.

Baca Juga :   DPRD Kudus Laksanakan Vaksinasi Covid-19, Masan: Imunitas Kuat, Indonesia Hebat

Setelah senam bersama, beberapa kuis mengenai Pancasila dan pengetahuan tentang negara di lontarkan oleh Mega selaku pembawa acara. Dari pertanyaan yang berhadiah tersebut terlihat bagaimana antusias dari anak -anak terhadap nilai-nilai Pancasila. Sedikit demi sedikit pula Mega menambahkan pengetahuan mengenai nilai-nilai Pancasila bagi anak-anak yang belum dipahami. Sesuai dengan tujuan dari kegiatan ini, Komunitas Juang Kota Magelang menginginkan anak-anak mengerti akan nilai-nilai Pancasila dengan cara riang gembira.

Didukung oleh KomandanTe, Gamal Arif, kegiatan ini dapat terlaksana dengan sukses. Gamal mengucapkan terima kasih atas program Komunitas Juang Kota Magelang yang telah memberikan edukasi dan pengalaman yang menggembirakan bagi anak-anak di Lingkungan RW 10 ini. Ia berharap program ini dapat berjalan ke daerah-daerah lain dengan sukses, karena menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak-anak, apalagi di era digitalisasi seperti saat ini.

“Terima kasih kepada adek-adek Komunitas Juang yang telah mengadakan kegiatan ini di lingkungan saya, semoga kegiatan lain dengan tema cinta tanah air ini dapat berjalan di daerah-daerah lain sehingga dapat menghambat adanya radikalisme mulai sejak dini, terlebih lagi di era yang anak-anak ini sedang asyiknya bermain dengan gadget, jadi terkadang nilai-nilai Pancasila ini agak kurang diketahui oleh anak anak. Dengan disampaikan secara riang seperti ini semoga anak-anak semakin mencintai ideologinya dan dapat mengamalkanya,” ungkap Gamal. Koresponden : Taufik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here