Siaga Corona, Anggota DPRD PDI Perjuangan Kab. Semarang Galang Aksi Sosial Penyemprotan Disinfektan

0
1448

Anggota DPRD PDI Perjuangan Kab. Semarang, Riska Dwi Prasetyo galang Aksi Sosial bersama Forkom Relawan Getasan (Forum Komunikasi Organisasi Masyarakat Getasan) melakukan penyemprotan cairan disinfektan di berbagai titik keramaian, seperti pasar tradisional dan tempat ibadah di wilayah Kecamatan Getasan, serta pembagian pamflet ajakan pola hidup bersih dan cara cuci tangan yang benar ke masyarakat untuk mencegah penularan virus corona yang sedang merebak di beberapa wilayah jawa tengah. Acara diawali dengan apel bersama di halaman kantor Kecamatan Getasan yang diikuti ratusan peserta dari berbagai organisasi Relawan Kec. Getasan. Turut hadir Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Semarang, H. Ngesti Nugraha, S.H., M.H. bersama jajaran Muspika Kec Getasan, Minggu (22/03/2020).

Kepala Puskesmas Getasan dr. Epsilon Dewanto, M.M. menyampaikan ”cairan standard untuk penyemprotan adalah clorin kalau di pasaran banyak sekali merk yang kita temui antara lain Bayclin, So klin dan banyak lagi adapun cara penyemprotan yang benar adalah dengan posisi mundur, yang perlu diperhatikan pula efektifitas semprotan 10 menit, setelah itu baru di lap dengan cairan antiseptik atau dengan air biasa. Sebelum dan sesudah penyemprotan harus cuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir,” jelasnya.

“saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran muspika dan teman-teman relawan atas kegiatan sosial ini, kita sebagai masyarakat harus bergerak bersama untuk mencegah penularan virus Corona, karena virus ini adalah musuh kita bersama. Virus Corona bukan hanya menjadi isu nasional bahkan global yang punya potensi pandeminya luar biasa cepat, hari ini bapak ibu semua adalah pahlawan-pahlawan kemanusian yang berada di garis terdepan dalam penanganan pencegahan virus Corona,” ujar Riska selaku Ketua Forkom Relawan Getasan yang juga Anggota Fraksi PDI Perjuangan.

Baca Juga :   PDI Perjuangan Kabupaten Purbalingga Buka Posko Pendampingan Pendaftaran Kartu Prakerja

Dalam pelaksanaan di lapangan, relawan dibagi beberapa regu yang masing-masing bertugas di titik pusat keramaian dan di semua tempat ibadah. Adapun lokasi yang disemprot ada 60 titik di wilayah Kecamatan Getasan.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Semarang, H. Ngesti Nugraha, S.H., M.H. turut menyampaikan ”terkait mencegah penyebaran virus Corona ini seluruh masyarakat Kab. Semarang untuk tidak takut dan panik, ini yang utama melakukan pencegahan. Semoga nanti di Kab. Semarang tidak ada yang terkena virus Corona, ini harapan kita. Harus sering mencuci tangan, pola hidup yang sehat dan kita bersama-sama mensosialisasikan informasi kepada masyarakat tentang pencegahan penyebaran virus ini,” demikian yang disampaikan.

Koresponden: Heru Prasetya.