Saiful Hadi Tekankan Penguatan UMKM dan Ekonomi Kreatif di Era New Normal

0
Foto: Saiful Hadi Berdialog di Radio IN FM

Kabupaten Kebumen – Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Kebumen yang juga Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, Saiful Hadi menekankan pentingnya penguatan UMKM dan ekonomi kreatif di Era New Normal. Hal itu disampaikan dalam dialog di Radio IN FM yang beralamat di Jalan Kutoarjo, Kab. Kebumen, Selasa (13/4/2021).

Menurut Saiful Hadi, bahwa semua pihak harus menjadi aktor dalam menguatkan UMKM dan ekonomi kreatif. Saat ini Pemerintah dan DPRD Provinsi sedang menggagas Peraturan Daerah (Perda) terkait penguatan ekonomi kreatif yang meliputi 16 sektor yaitu kuliner, fasion, kriya, televisi, radio, penerbitan, arsitektur, aplikasi, game developer, periklanan, musik, fotografi, seni pertunjukan, desai produk, seni rupa, desain interior, film, serta desain komunikasi visual.

“Saya berharap lewat Perda ini nantinya dapat membuka lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi, munculnya bisnis startup, percepatan inovasi, bisnis lebih kompetitif, menciptakan sumber daya manusia yang kreatif dan meningkatkan kualitas produk,” kata Saiful Hadi.

Menjawab pertanyaan pendengar melalui Whatsapp yaitu apa saja upaya pemerintah dalam mendukung UMKM dan ekonomi kreatif, Saiful Hadi mengungkapkan ada 5 hal upaya pengembangan ekonomi kreatif di Jawa Tengah yaitu dukungan aspek permodalan, dukungan sumber daya manusia (SDM), dukungan pemasaran, dukungan infrastruktur, teknologi, serta dukungan kelembagaan.

Karena kondisi pandemi belum berakhir, Saiful Hadi mengajak masyarakat Kebumen dan pihak-pihak terkait untuk menerapakan protokol Covid-19, serta melakukan vaksinasi.

Koresponden: Sofian Aniffudin

Baca Juga :   Melalui BRIN, Sekjen PDI Perjuangan: Riset dan Inovasi sebagai Pilar Indonesia Berdikari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here