Riyanta Galakkan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Pati

0
Foto: Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan anggota DPR RI, Riyanta

Kabupaten Pati – Kader PDI Perjuangan Kec. Dukuhseti mengikuti kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika yang diselenggarakan oleh anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Riyanta, Minggu (24/04/2022).

Bertempat di Desa Banyutowo, acara tersebut diikuti oleh jajaran PAC PDI Perjuangan Dukuhseti, Ranting Desa Banyutowo, dan warga masyarakat Desa Banyutowo, Kec. Dukuhseti.

Foto: Peserta Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan oleh anggota DPR RI, Riyanta

Dalam materinya Riyanta menjelaskan tentang penjabaran 5 sila Pancasila dan butir-butir pengamalan Pancasila yang terkandung di setiap sila tersebut. Butir-butir pengamalan Pancasila menurutnya pertama kali diatur melalui Ketetapan MPR No.II/MPR/1978.

Kemudian, setelah era reformasi, butir-butir pengamalan Pancasila disesuaikan berdasarkan Ketetapan MPR No. I/MPR/2003. Riyanta juga mengajak generasi muda untuk terus menggali nilai-nilai ketokohan dari para pahlawan seperti Bung Karno dan Bung Hatta serta menggali buku-buku Sukarno, Sarinah, dan lain-lain.

“Tujuan sosialisasi 4 Pilar di antaranya untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika. Selain itu juga untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memahami dan menerapkan nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Riyanta menambahkan, Konstitusi Indonesia sudah mengamanatkan Pemilu digelar lima tahun sekali. Sehingga tidak akan ada penundaan Pemilu. Wacana untuk menunda Pemilu 2024 dari jadwal yang telah ditetapkan merupakan bentuk pelanggaran konstitusi.

Sekretaris PAC PDI Perjuangan Dukuhseti, Agus Heri Setiawan mengucapkan terima kasih kepada Riyanta karena telah menyelanggarakan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kec. Dukuhseti. Kemudian ia berharap, semoga materi yang disampaikan oleh Riyanta dapat memberikan pemahaman pada masyarakat dan menjalankan Ideologi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :   Edy Sugiarto Hadiri Penyerahan Bantuan Hibah Parpol

Koresponden : Ita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here