Reses Evita Nursanty di Sektor Pertanian Kab. Pati

0
Foto: Reses Anggota DPR RI, Evita Nursanty di Sektor Pertanian Kab. Pati

Kabupaten Pati – Pembangunan pertanian merupakan faktor yang berperan penting untuk meningkatkan ketahanan pangan. Hal tersebut dibuktikan oleh aksi Evita Nursanty selaku anggota DPR RI dalam menyalurkan aspirasi pertanian di Desa Talun, Desa Pasuruhan, dan Desa Jimbaran Kec. Kayen, Minggu (25/4/2021).

Selanjutnya, setelah dari desa tersebut, Evita melakukan Reses di wilayah Desa Penabuhan dan Desa Dadirejo, Kec. Margorejo, Kab. Pati. Pada Reses kali ini dirinya didampingi oleh Ali Badrudin selaku Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Pati sekaligus Ketua DPRD Kab. Pati dan Saiful Arifin selaku Wakil Bupati Pati.

Foto: Reses Anggota DPR RI, Evita Nursanty di Sektor Pertanian Kab. Pati

Pada Reses hari itu Evita meninjau dan menyerahkan langsung pembangunan aspirasi pertanian yang diberikan kepada beberapa desa di Kab. Pati. Lokasi pertama, berupa  saluran irigasi yang dibangun di Desa Talun dengan menyambung saluran irigasi yang dibangun oleh Provinsi. Menurut Evita, Kab. Pati ini terkenal dengan pertaniannya, maka dibutuhkan aspirasi dari pemerintah pusat. Sehingga saluran irigasi dapat masuk ke desa-desa dan bermanfaat bagi para petani.

“Meskipun ada masalah dengan sungai Juwana, Kab. Pati ini, namun sudah surplus hasil panen  karena menghasilkan sampai 500 ribu ton. Penggunaan per tahun di masyarakat hanya 150 ribu ton, selebihnya kita bisa mendistribusikan ke daerah-daerah lain di Indonesia. Apalagi kalau sungai Juwana sudah dinormalisasi maka akan ada ribuan hektar lagi yang akan berproduksi”, Ungkap Evita.

Setelah dilakukan peninjauan pembangunan saluran irigasi, lokasi selanjutnya dilakukan peninjauan pembangunan adalah talud jalan di Desa Jimbaran serta pembangunan saluran irigasi dan talud jalan yang berada di Desa Pasuruhan. Ketika musim hujan, air menggenangi sawah di Desa Pasuruhan selama 7 bulan. Maka dari itu Evita berharap agar pemerintah pusat dapat melakukan penanganan untuk normalisasi sungai Juwana.

Baca Juga :   Refleksikan Tugas Ideologis Pemuda Melalui Peringatan Isra Mi'raj

Lokasi selanjutnya yang dilakukan peninjauan adalah perkembangan pembangunan talud jalan pertanian di Desa Dadirejo dan Desa Penabuhan. Maksum selaku Kepala Desa Talun dan seluruh kepala desa yang mendapat bantuan aspirasi pembangunan mengucapkan banyak terima kasih kepada Evita.

“Terima kasih atas aspirasi yang sudah disalurkan di desa-desa. Semoga aspirasi pertanian ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, sehingga kedepannya hasil pertanian dapat meningkat,” tutup Maksum.

Koresponden : Miftakhul Qomariyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here