Raih Penghargaan, Ristawati: Perkuat Jati Diri Bangsa

0
Foto: Ristawati Apresiasi Kontingen Kebumen

Kabupaten Kebumen – Kontingen Kab. Kebumen meraih penghargaan terbaik pada geleran event Jember Fashion Carnaval. Dalam event tersebut, kontingen Kebumen menggunakan kostum yang berbahan baku serabut kelapa dan mengangkat budaya lesung di Desa Kebakalan, Kec.Karanggayam. Torehan tersebut tentunya membuat Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih sangat bangga.

Secara tidak langsung parade busana tahunan tersebut merupakan ajang mengenalkan potensi Kebumen kepada dunia luar. Dengan torehan prestisius, tentunya akan lebih banyak publik yang terjamah untuk lebih mengetahui secara intensif berkaitan dengan eksistensi nature and culture di Kebumen.

Foto: Ristawati Harap Carnaval Dapat Mengenalkan Local Wisdom

“Kebumen memiliki kekayaan local wisdom yang patut dikenalkan tidak hanya di Kebumen tapi diluar daerah. Contohnya gelaran di Jember Alhamdulillah kita memperoleh juara,” jelas Ristawati. Sabtu, (20/11/2021).

Ristawati menambahkan, keikutsertaan pada event tersebut merupakan bentuk komitmen sebagai benteng karakter bangsa. Sudah sepantasnya kearifan lokal dan budaya untuk tetap dilestarikan. Tanpa upaya itu menurutnya, Indonesia akan kehilangan jati diri sebagai sebuah bangsa.

“Bangsa ketimuran aset yang paling berharga adalah adat dan budaya. Maka harus kita pertahankan dan lestarikan bersama,” tambahnya.

Pada gelaran itu, Ristawati hadir secara langsung untuk menyaksikan beragam kekayaan lokal yang dimiliki oleh setiap kontingen dari masing-masing daerah. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Cempaka Hill, Patrang, Jember dan disiarkan secara daring.

“Ternyata begitu kaya keanekaragaman bangsa ini. Terbukti Jember Fashion Carnaval banyak menampilkan potensi adat dan budaya,” Pungkas Ristawati.

Jember Fashion Carnaval 2021 sendiri selama dua hari dan dibagi menjadi 4 rangkaian event, antara lain Pet Carnaval dan Wonderful Archipelago Indonesia (WACI), Artwear Carnival dan International World Kids Carnival serta Grand Carnival . Event ini diikuti oleh beberapa daerah atau provinsi, dan juga diikuti oleh beberapa negara.

Baca Juga :   Wujud Apresiasi Bupati Yuni Kepada Atlet Peraih Medali Perak Dalam PON XX Asal Sragen

Koresponden : Red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here