Purwono Kunjungi Penggiat Kopi di Desa Giritirta

0

Kabupaten Banjarnegara – Kopi Bramasti memiliki cita rasa yang unik dan cenderung memiliki rasa Fruity. Hal tersebut disampaikan oleh Purwono, selaku Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Pejawaran, saat mengunjungi penggiat Kopi Heri Bramasti yang beralamat di Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran, Kamis (9/6/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Purwono mengungkapkan, berkat cita rasa yang unik Kopi Bramasti menjuarai Kontes Kopi Spesialty Indonesia (KKSI) ke-13 pada Tahun 2021, menjadi Juara 2 tingkat Nasional, yang diselenggarakan di Jember oleh AEKI dan Puslitkoka Jember.

Purwono mengunjungi penggiat Kopi yang berada di Desa Giritirta.

Purwono juga bersyukur, karena Kopi Bramasti mendapatkan perhatian dari Pemerintah Pusat, yakni mendapatkan bantuan alat dari Kementerian Pertanian, melalui Ditjen Perkebunan, berupa mesin Sangrai, Huller, Pullper, Grinder, serta Sealer bekerja dengan baik.

“Bantuan ini diberikan setelah mengikuti webbinar Kopi Tanah Air yang diselenggarakan oleh DPP PDI Perjuangan pada 17 Januari 2022. Semoga, bantuan alat ini bisa memberikan manfaat dalam meningkatkan hasil produksi,” ujarnya.

Purwono juga mengucapkan terimakasih kepada PDI Perjuangan, serta Drs. Utut Adianto, selaku Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, atas perhatiannya terhadap penggiat Kopi di Desa Giritirta. Selain itu, Purwono juga mengucapkan terimakasih kepada Aryo Indrasworo, S.E.,M.E., selaku Staf Ahli Utut Adianto.

Sementara itu, Heri Bramasti, selaku penerima bantuan dari Ditjenbun merasa bersyukur atas bantuan yang diberikan. Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada Utut Adianto yang telah memfasilitasi untuk mengikuti acara tersebut, serta kepada Hj. Sri Ruwiyati, S.E., M.M., selaku Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Tengah yang telah memberikan dukungan selama ini. Terimakasih disampaikan pula kepada Distankan Banjarnegara, serta Distanbun Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga :   ASN Beli Cabai, Langkah Konkret Selamatkan Petani Cabai Demak

Heri menjelaskan, bantuan ini sangat bermanfaat untuk melakukan pemrosesan pembuatan Kopi. Dengan adanya alat ini, proses pengolahan Kopi menjadi lebih cepat dari yang sebelumnya dilakukan dengan cara manual, serta hasilnya maksimal

Saat ini, Heri memperkerjakan 5 orang untuk proses pembuatan Kopi. Sedangkan kebun Kopi yang dimiliki, seluas 6 hektar yang dikelola oleh Kelompok Tani “Karya Tani”.

“Untuk produknya kita pasarkan di wilayah Banjarnegara. Ada juga yang kita pasarkan di luar kota seperti Bekasi, Yogyakarta, serta Jawa Barat. Kita juga targetkan, Kopi Bramasti dari Desa Giritirta ini bisa go Internasional. Sementara, untuk Kopi yang kita olah ada dua jenis, yaitu Arabica dan Robusta dengan kemasan 100 gram, 200 gram, 250 gram, 500 gram, serta 1 kg,” pungkasnya.

Koresponden : Chrisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here